Rolls Royce Buktikan Kehandalan Mesin Pesawatnya

Rolls Royce mengumumkan bahwa mereka telah mencapai rekor baru karena mampu menciptakan gearbox pesawat paling kuat di dunia. Rekor ini dicapai hanya beberapa bulan setelah pengujian dimulai.

Data itu dipaparkan Rolls Royce dalam konferensi International Society for Air Breathing Engines (ISABE) di Manchester, Inggris. Dalam kesempatan itu, Paul Stein, Chief Technology Officer di Rolls-Royce, mengkonfirmasi bahwa Power Gearbox mereka telah berhasil mencapai 70.000 tenaga kuda. Angka itu diperoleh saat tes dilakukan di fasilitas khusus Rolls Royce di Dahlewitz. , Jerman. Power Gearbox memainkan peran sentral dalam mesin UltraFan® generasi berikutnya, yang membantu memberikan peningkatan efisiensi.

Pengujian gearbox pertama dimulai pada sebuah rig yang dirancang khusus pada bulan Mei lalu. Uji coba itu telah membuktikan bahwa Power Gearbox mampu menciptakan kekuatan setara sekitar 400 mobil keluarga dengan kecepatan penuh, pengujian sekarang akan fokus pada fungsi daya rendah seperti daya tahan dan keandalan. .

Gearbox Power Rolls Royce dirancang untuk mampu mencapai 100.000 tenaga kuda. Model-model yang akan diuji coba di masa depan, diharapkan mampu mencapai tingkat ini. Saat berputar dengan tenaga maksimum, masing-masing pasang gigi pada kotak roda gigi akan mengirimkan lebih banyak tenaga daripada keseluruhan roda mobil Formula 1 di antara keduanya.

Power Gearbox memiliki desain dalam bagian-bagian terpisah, dengan masing-masing bagian ini mampu menahan gaya mesin Trent XWB dengan kecepatan penuh. Hal ini dirancang untuk memungkinkan poros pada inti mesin berjalan dengan kecepatan sangat tinggi sambil membiarkan kipas di bagian depan mesin berjalan dengan kecepatan lebih lambat.

Peningkatan efisiensi dan pengurangan bobot yang terkait akan memungkinkan mesin UltraFan menawarkan peningkatan efisiensi bahan bakar 25% dari mesin Rolls Royce Trent generasi pertama.

“Menetapkan rekor ini merupakan pencapaian besar bagi tim, dan saya bangga telah berhasil sampai di sana dengan sangat cepat. Teknologi Power Gearbox kami sangat penting bagi keberhasilan mesin jet Rolls Royce generasi berikutnya,” ujar Paul Stein, Rolls Royce, Chief Technology Officer.

Rolls-Royce bekerja sama dengan Liebherr-Aerospace, melalui joint venture Aerospace Transmission Technologies, untuk mengembangkan kemampuan dan kapasitas manufaktur untuk Power Gearbox yang baru. Mesin UltraFan tersedia mulai tahun 2025, dan akan menampilkan efisiensi bakar bahan bakar maksimum dan emisi rendah melalui arsitektur inti mesin baru. Kemudian mengurangi berat melalui penggunaan Carbon Titanium (CTi) pada bilah kipas dan casing komposit, peningkatan efisiensi melalui penggunaan komposit matrik keramik (CMC) yang tahan panas dan membutuhkan sedikit udara pendingin serta kekuatan yang efisien untuk mesin rasio tinggi bypass masa depan melalui desain yang disesuaikan