Akhirnya, Terbang Malam Setelah 27 Tahun

    Sudah 27 tahun lamanya, tidak ada penerbangan malam di Ethiopia. Karena alasan keamanan, semua penerbangan hanya dilakukan di siang hari. Nah, hari Sabtu malam lalu untuk pertama kalinya, rekor 27 tahun tanpa penerbangan malam itu pecah. Rombongan jamaah haji asal negara itu pulang di malam hari dengan bandara yang bermandi cahaya.

    Jangan salah, rencana untuk membuka kembali penerbangan malam ini sudah ada sejak Juli lalu. Pemerintah Somalia memang merasa sudah saatnya bisnis penerbangan menggeliat lagi karena kondisi cukup aman. Cuma, memang butuh upaya ekstra terutama memasang lampu dan fasilitas lain. Tentara dan polisi juga dilibatkan untuk memastikan semua lancar-lancar saja.

    Africanews melaporkan bahwa orang-orang Somalia mengungkapkan kegembiraannya pada pendaratan pertama pesawat di Bandara Aden Abdulle Mogadishu di malam hari dalam 27 tahun. Tidak hanya penumpang, para penjemput juga merasakan kegembiraan yang sama.

    Ini bukan sembarangan lho. Ini pretasi yang patut dirayakan. Awal bulan September, juga tercetak sejarah setelah diselenggarakan pertandingan sepak bola pertama malam hari di bawah lampu sorot. Pertandingan sepak bola di malam hari terakhir kali dilakukan tiga puluh tahun yang lalu.

    Penerbangan Sabtu malam lalu dilakukan oleh Juba Airways, dari Jeddah di Arab Saudi. Penerbangan membawa jamaah haji Somalia ini memang sudah direncanakan untuk menandai pembukaan resmi bandara tersebut dalam penerbangan penumpang pada malam hari. Media lokal setempat menyatakan, penerbangan malam terakhir dilakukan tahun 1991 sebelum perang saudara pecah.

    Dilaporkan juga bahwa pejabat penerbangan sipil Somalia mengatakan landasan pacu telah direkonstruksi dan keamanan telah diperbaiki. Sebelum pesawat yang membawa 193 penumpang dan 7 awak mendarat, badan keamanan nasional Somalia melakukan pemeriksaan keamanan di sekitar bandara dan meningkatkan kewaspadaan mereka.

    Sebelum ini, warga Somalia yang pulang ke negaranya, biasanya melakukan transit di Nairobi, Istanbul atau Addis Ababa untuk menunggu penerbangan siang hari.