Aeroflot Gandeng Alipay Demi Pasar China

    Maskapai asal Rusia, Aeroflot sekarang menawarkan Alipay sebagai moda pilihan pembayaran. Langkah ini dirancang untuk meningkatkan layanan bagi penumpang mereka yang berasal dari China. Dengan kesepakatan ini, Alipay, yang merupakan sistem pembayaran elektronik asal China, menjadi Aeroflot mitra pertama di Rusia.

    Penambahan Alipay menjadi konsekuensi dari roda bisnis yang berputar semakin kencang. Sistem ini dikenal sebagai cara cepat dan mudah untuk membayar tiket penerbangan dan juga layanan lainnya. Ketersediaannya akan memperluas jangkauan pilihan yang tersedia bagi penumpang Aeroflot, khususnya bagi mereka yang datang dari China. Aeroflot sendiri memandang Alipay sebagai strategi meningkatkan layanan bagi penumpang karena China merupakan salah satu pasar dengan prioritas tertinggi.

    Bagi penumpang asal China, kualitas layanan Aeroflot dikenal sangat baik, harga tiketnya terjangkau, dan memiliki bayak penerbangan penghubung. Hub-nya berada di Bandara Internasional Sheremetyevo, Moscow, sehingga lebih nyaman untuk mereka yang bepergian ke utara. Ekspansi Aeroflot di China juga berhasil karena memanfaatkan prakarsa China Friendly, yang telah memungkinkan maskapai Rusia tersebut mendapatkan pijakan kuat di China.

    Pada 2016, Aeroflot membawa hampir 1,2 juta penumpang ke dan dari empat tujuannya di China yaitu Beijing, Shanghai, Guangzhou dan Hong Kong, dan 60 persennya merupakan penumpang transit. Untuk memanfaatkan potensi pasar China yang besar, Aeroflot baru-baru ini mengembangkan serangkaian inisiatif peningkatan layanan untuk melayani penumpang China.

    Peningkatan layanan itu antara lain dengan meluncurkan situs web berbahasa China. Penumpang juga menerima menu dalam bahasa China, dan penumpang kelas bisnis dapat menikmati menu set ala Asia yang menampilkan pilihan masakan nasional negeri Tirai Bambu itu. Hiburan dalam penerbangan juga menawarkan program khas negara itu, dan semua pengumuman dibuat dalam antara lain dalam bahasa China.

    Rusia sendiri adalah salah satu tujuan utama bagi wisatawan bisnis dan turis dari China, dengan jumlah lalu lintas terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2016, lebih dari 1,5 juta wisatawan China mengunjungi Rusia. Alipay adalah penyedia teknis opsi pembayaran AliExpress di seluruh dunia. Ini adalah layanan pembayaran paling populer di China, dengan lebih dari 450 juta pengguna aktif.