Boeing 747 Terakhir di Amerika Segera Pensiun

    Jumbo Jet Boeing 747 telah menjadi idola utama penerbangan jarak jauh selama lebih dari 50 tahun. Namun karena kini pesawat baru lebih efisien dan melimpah di pasaran, pesawat yang pernah dijuluki Ratu Langit itu nampaknya akan tergantikan.

    Tahun ini di Amerika Serikat, baik Delta Air Lines maupun United Airlines telah menghentikan pemakaian pesawat ini. Jika ini terjadi, maka secara efektif akan menghapus seluruh armada komersial 747 yang dimiliki oleh operator komersial domestik di AS. Pada 7 September lalu, Delta menerbangkan Boeing 747 untuk rute domestik komersial terakhirnya. Kini, United telah menjadwalkan penerbangan terakhirnya, dan peristiwa ini akan disambut layaknya sebuah pesta.

    Dengan penerbangan yang dijadwalkan berangkat dari San Francisco International pukul 11 ​​pagi pada 7 November, United berencana menyusun acara khusus untuk mengenang pengabdian pesawat tersebut. Acara ini merupakan penghargaan untuk tahun-tahun yang telah lewat bersama 747.

    Direncanakan, awak kabin akan mengenakan seragam retro untuk menyajikan makanan yang terinspirasi dari tahun 1970-an. Sementara hiburan dalam penerbangan akan menayangkan konten vintage. United juga membuka pemesanan dek atas untuk komunitas. Sedangkan dek bawah akan diperuntukkan bagi yang menang undian, karena pendaftar penumpang yang membludak.

    Sebelum penerbangan, juga akan ada pesta di gerbang keberangkatan pesawat, di Bamdara San Francisco International.

    Penerbangan penghormatan ini telah menarik perhatian khusus dari komunitas penerbangan, dan menurut United, tiket telah terjual dengan cepat. United mempublikasikan bahwa seluruh tiket untuk penerbangan ini telah habis terjual, walaupun beberapa kursi mungkin masih tersisa sebelum tanggal keberangkatan.

    United Airlines membeli Boeing 747 pertamanya pada tahun 1970 dan mengoperasikannya pada sebagian besar penerbangan jarak jauh antara Amerika Serikat, Asia dan Eropa. Kini mereka mengganti pesawat tersebut dengan model Boeing 777 yang lebih irit bahan bakar.

    Setelah penerbangan Honolulu ini, Boeing 747 kemungkinan besar akan diparkir di sebuah tempat pembuangan pesawat di dekat Gurun Mojave.