London City Bangun ATC Digital

    Bandar Udara London City akan menjadi bandara Inggris pertama yang membangun dan mengoperasikan menara kontrol lalu lintas udara digital, dengan investasi jutaan dolar dalam teknologi ini. Rencana inovatif tersebut merupakan momen penting dalam memperingati ulang tahun ke-30 bandara tersebut. Juga menandai dimulainya revolusi teknologi dalam pengelolaan lalu lintas udara bandara Inggris.

    Bekerja sama dengan NATS, Bandara London City telah menyetujui rencana untuk membangun sebuah menara baru, yang di atasnya akan dipasang 14 kamera High Definition dan dua kamera pan tilt zoom.

    Kamera ini akan memberikan pemandangan 360 derajat penuh di seluruh bandara dalam tingkat detail yang lebih besar daripada mata manusia. Semua ini akan menjadikan pengawasan bandara lebih modern dan memperbaiki pengelolaan lalu lintas udara.

    Gambar lapangan udara dan data akan dikirim melalui jaringan serat super cepat yang independen dan aman ke ruang operasi baru di pusat kendali NATS di Swanwick, Hampshire.

    Dari Swanwick, pengendali lalu lintas udara akan menjalankan peran operasional mereka, dengan menggunakan rekaman langsung yang ditampilkan di 14 layar HD yang membentuk gambar bergerak panorama mulus. Di samping itu ada juga masukan audio dari lapangan terbang, dan pembacaan radar dari langit di atas London, untuk menginstruksikan dan mengawasi gerakan pesawat terbang.

    “Sistem kontrol lalu lintas udara digital perintis yang baru akan meningkatkan keamanan dan meningkatkan ketahanan, menetapkan standar baru bagi industri penerbangan global. Teknologi terkini ini telah membuktikan kontrol lalu lintas udara London City Airport akan termodern selama 30 tahun ke depan dan seterusnya,” kata Declan Collier, chief executive, Bandar Udara London City.

    Petugas menara kontrol akan dapat memanfaatkan berbagai alat bantu seperti zoom high definition dan visual yang disempurnakan, yang memberikan tampilan aktivitas rinci di lapangan terbang. Termasuk pandangan jarak dekat pergerakan pesawat di sepanjang landasan pacu 1500 meter, dengan pan tilt zoom kamera yang bisa memperbesar hingga 30 kali untuk pemeriksaan ketat.

    Alat ini juga memiliki informasi real-time, termasuk data operasional dan sensorik. Misalnya, kemampuan untuk melapisi gambar dengan informasi cuaca, label di layar, data radar, tanda panggilan pesawat terbang, atau untuk melacak benda yang bergerak.

    Alat canggih dari perangkat digital secara signifikan meningkatkan kesadaran situasional pengendali, memungkinkan keputusan cepat dan tepat sehingga memberikan manfaat keselamatan dan operasional untuk bandara.

    Teknologi mutakhir dari Saab Digital Air Traffic Solutions, yang dicoba dan diuji dan sudah digunakan di bandara Örnsköldsvik dan Sundsvall di Swedia, menawarkan beberapa keuntungan untuk manajemen lalu lintas udara yang efisien di Bandara London City.

    Setelah memecahkan rekor 4,5 juta penumpang pada 2016, Bandara London City akan menjadi bandara pertama di Inggris yang memperkenalkan menara digital.

    Menara digital setinggi 50 meter ini disetujui oleh London Borough of Newham pada bulan Desember 2016, dan konstruksi akan dimulai akhir tahun ini, yang terletak di tempat parkir lama bandara, sesuai dengan titik tengah jalan landasan pacu, berdekatan dengan King George V Dock. Pembangunan menara ini akan selesai pada tahun 2018, diikuti oleh pengujian dan pelatihan lebih dari setahun. Menara digital akan beroperasi penuh pada tahun 2019.