KLM dan WhatsApp Ujicoba Sistem Baru

    Penyedia layanan pesan berjejaring, WhatsApp dan maskapai asal Belanda KLM Royal Dutch Airlines sepakat untuk menerapkan tes ujicoba unik. Maskapai ini akan memberikan layanan kepada penumpang melalui platform WhatsApp.

    KLM sekarang menawarkan kepada penumpangnya, konfirmasi pemesanan di seluruh dunia, pemberitahuan check-in, boarding pass, update status penerbangan dan mengajukan pertanyaan dalam sepuluh bahasa berbeda melalui aplikasi bisnis WhatsApp resmi. KLM menjadi maskapai yang pertama di dunia yang memiliki akun bisnis WhatsApp terverifikasi, sekaligus menjadi tonggak penting dalam perubahan layanan aplikasi ini ke depan.

    Bersama dengan sejumlah perusahaan, WhatsApp memang sedang menguji cara bagi pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan WhatsApp. WhatsApp ingin menciptakan nilai lebih bagi pengguna mereka, sekaligus memberi jembatan bagi duni bisnis untuk terhubung dengan pelanggan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Program yang digagas bersama KLM ini merupakan percontohan dari upaya itu.

    Untuk tujuan ini, WhatsApp telah menciptakan solusi yang memungkinkan perusahaan seperti KLM terhubung dengan penumpang mereka dengan cara yang cepat dan pribadi di WhatsApp. Peluncurannya sudah dimulai di sejumlah negara terbatas, dan layanan ini akan tersedia secara lebih luas dalam beberapa minggu mendatang.

    “Saya sangat bangga bahwa KLM adalah maskapai penerbangan pertama di dunia dengan akun WhatsApp terverifikasi. Kemitraan unik dengan WhatsApp menggarisbawahi posisi kami sebagai pelopor penerbangan. Kami ingin selalu bersama pelanggan kami, dan mengingat aplikasi ini memiliki miliar pengguna, Anda harus berada di WhatsApp,” kata presiden KLM, Pieter Elbers.

    Dengan akun yang diverifikasi oleh WhatsApp, KLM menyediakan cara yang tepat bagi penumpangnya menerima informasi penerbangan mereka dan mengajukan pertanyaan 24 jam sehari dan 7 harui seminggu. Banyak kalangan menilai, ini merupakan langkah besar dalam strategi media sosial dunia usaha ke depan.

    WhatsApp menjamin bahwa pesan yang dikirim ke penumpang KLM akan sangat aman sehingga hanya bisa dibaca oleh pelanggan dan KLM sendiri. Bahkan WhatsApp sendiri mengaku tidak akan bisa ikut membacanya.

    Kini kita bisa membedakan akun bisnis terverifikasi yang menggunakan aplikasi bisnis WhatsApp resmi. Tandanya adalah centang hijau di samping nama kontak KLM di WhatsApp.