Terbang Dulu, Bayar Belakangan

    Warga Negara Australia yang terbang bersama Jetstar sekarang memiliki pilihan untuk beli tiket sekarang dan membayar belakangan. Enak ya, dan bayarnya bisa nyicil lagi.

    Skema pembelian tiket ini sebenarnya sama dengan kredit. Bedanya, pembayaran bisa dilakukan di belakang, dengan asumsi bahwa perusahaan yang menanggung pembayaran akan memperoleh fee dari transaksi ini. Sejauh ini, kemudahan ini baru tersedia di rute penerbangan domestik, namun sedang dijajaki kemungkinan untuk rute internasional juga.

    Maskapai ini telah bermitra dengan perusahaan penyedia platform pembayaran Afterpay. Konsepnya adalah bagi warga Australia, bayar dalam jumlah kecil dan cicil kekurangannya. Pesanan juga harus melalui sistem online, delapan minggu sebelum terbang. Layanan ini sekarang hanya tersedia untuk transaksi antara 200 dollas AU dan 1000 dollar AU dengan biaya layanan sebesar 10 dollar AU.

    Chief Executive Jetstar Group, Jayne Hrdlicka mengatakan bahwa maskapai bertarif rendah tersebut merupakan maskapai penerbangan pertama di Australia yang menawarkan Afterpay. “Misi kami di Jetstar adalah menawarkan tarif rendah untuk memungkinkan lebih banyak orang terbang ke lebih banyak tempat dan lebih sering. Bermitra dengan Afterpay memberi pelanggan kami pilihan untuk memiliki tiket murah dengan harga saat ini dan membayar dengan cicilan,”katanya.

    Jetstar mengaku, banyak penumpangnya telah menggunakan Afterpay untuk membeli barang di toko. Karena itu, tidak sulit untuk mengajak mereka memanfaatkan sistem ini dalam pembelian tiket pesawat juga. Untuk menetapkan uang muka dalam sistem Afterpay, pembeli tiket cukup memilihnya di situs web Jetstar dan kemudian memilih opsi pembayaran.

    Jika harga tiket telah ditetapkan, tidak akan ada perubahan sampai pemberangkatan. Setelah itu, penumpang bisa membayar tiket mereka setiap dua minggu sekali sesuai besaran yang ditetapkan.