Boeing Ajak Triumph Garap Jet Latih TX

Boeing mengumumkan bahwa mereka telah memilih Triumph Group sebagai pemasok utama untuk jet pelatihan Angkatan Udara, TX.

Jika Angkatan Udara AS memberikan kontrak kepada Boeing, unit bisnis Triangle’s Aerospace Structures, yang berlokasi di Red Oak, Texas, akan memasok bagian sayap, ekor vertikal dan struktur ekor horizontal. Pesawat TX sendiri adalah pesawat latih baru yang dirancang untuk menyediakan sistem pelatihan terbaru dan paling maju bagi militer AS. Kehadirannya dianggap penting untuk mempersiapkan generasi penerus angkatan perang di masa depan.

Pengumuman ini menyusul keputusan Boeing untuk menyatukan produksi TX di fasilitasnya yang terletak St. Louis.

Pemilihan Triumph bukan tanpa alasan. Sejumlah anggota konggres bahkan turut membantu melakukan lobi, agar industri pesawat di Texas semakin maju. Sejumlah anggota konggres asal Texas sendiri meyakinkan Boeing bahwa tenaga terlatih di negara bagian itu cukup kapabel, dan akan mendukung sepenuhnya produksi TX

Sejauh ini, sudah ada dua pesawat TX baru yang dirancang untuk memberikan desain dan kinerja yang maksimal. Pesawat latih bikinan Boeing ini diperkaya dengan desain fleksibel baru yang memenuhi persyaratan Angkatan Udara AS.

Triumph Group sendir adalah pemasok lama untuk Boeing. Keduanya sudah bekerja sama dalam program ikonik seperti V-22 Osprey dan C-17 Globemaster III. Karena itu, bukan sesuatu yang sulit bagi Boeing untuk kembali bekerja saja dalam proyek ini.

Triumph Group biasanya bekerja dalam sektor desain, permesinan, manufaktur, perbaikan dan overhaul komponen penerbangan dan industri, asesoris, subassemblies, sistem dan struktur pesawat terbang.

Boeing TX adalah pesawat yang dirancang khusus untuk misi pelatihan Angkatan Udara. Ini akan menggantikan armada pesawat T-38 yang sudah tua. Akuisisi awal, untuk 350 pesawat terbang dan pelatihan dan dukungan berbasis darat yang terkait telah ditandatangani dengan kontrak bernilai 16 miliar dollar AS. Direncanakan, pesawat ini akan mulai bisa dipakai berlatih tahun 2024.