Ambulans Udara Norwegia Jajal Kemampuan Airbus H135

Operator ambulans udara Norwegia, Norsk Luftambulanse AS (NOLAS) menjadi lembaga sipil pertama yang menerima H135 yang dilengkapi Helionix. Biasanya heli ini dipakai oleh kalangan militer, apalagi sistem Helionix-nya. 

Helionix adalah konsep peralatan helikopter dengan fitur standar dan sudah tersedia di H175 dan H145. Di atas autopilot 4 sumbu, Helionix menawarkan tata letak kokpit inovatif yang membantu meningkatkan kesadaran situasional. Dirancang dengan tiga display elektronik besar pada H135, kokpitnya dilengkapi dengan Night Vision Goggle yang kompatibel dan mencakup First Limit Indicator yang menyoroti data instrumen mesin yang sesuai untuk pilot dalam satu indikator.

Enam tambahan H135s dengan Helionix akan dikirim ke NOLAS pada 2017 dan 2018. Pada Desember 2016, Kementerian Pertahanan Inggris adalah pelanggan militer pertama yang menerima H135 baru dengan Helionix.

NOLAS memenangkan tender HEMS (Helicopter Emergency Medical Services) nasional di Norwegia pada 2016, dan sebanyak 12 helikopter baru akan dioperasikan mulai 1 Juni 2018. Semua helikopter dilengkapi untuk operasi sepanjang waktu dengan konfigurasi untuk operasi Single Pilot IFR / Night Vision Imaging System (NVIS), interior Aerolite dan peralatan medis terbaru. Dengan seorang ahli anestesiologi yang terlatih secara khusus, pilot dan anggota awak HEMS, dan helikopter yang dikonfigurasi secara khusus, NOLAS melakukan misi di tempat kejadian serta transportasi intensif intensif di lingkungan yang kurang bersahabat di Norwegia.

H135 memperoleh sertifikasi EASA untuk suite avionik Helionix pada November 2016. Sistem avionik Helionix yang dirancang oleh Airbus menawarkan operator dengan fleksibilitas dan keamanan misi yang meningkat.

H135 adalah helikopter referensi untuk operator ambulans udara di seluruh dunia. Seri ini menggabungkan kabin yang luas namun tidak menghalangi kinerja, jangkauan dan kapasitas muatan yang sangat baik. Di sisi lain, heli ini bisa beroperasi dengan kebisingan rendah. Pintu samping geser yang besar dan pintu clamshell belakang memungkinkan pemuatan / pembongkaran pasien dengan cepat, dengan keamanan tambahan selama operasi darat yang disediakan oleh rotor ekor Fenestron dari Airbus.

“Di lingkungan yang tidak mudah dan di bawah hampir semua jenis tantangan cuaca, sangat beruntung kami mendapat dukungan dari perkembangan teknologi baru yang dapat ditawarkan versi Helionix,” kata CEO NOLAS, Rune Midtgaard.

H135 adalah pemimpin pasar tak terkalahkan dalam helikopter bermesin ganda dan multi-guna. Misi untuk kelas helikopter ini meliputi layanan medis darurat, penegakan hukum, transportasi penumpang VIP dan bisnis, pemeliharaan taman, industri dan pelatihan militer. Airbus telah mengirimkan lebih dari 1.250 H1N1 kepada pelanggan di seluruh dunia yang telah mencatat total lebih dari empat juta jam terbang.