Airbus A320 Pertama Rakitan di AS Diserahkan

Pengiriman untuk pertama kalinya, pesawat A320 dari Airbus US Manufacturing Facility ke Spirit Airlines telah dilakukan di Mobile, Alabama, AS. Ini adalah produk pertama A320 yang diproduksi di AS secara keseluruhan, bukan di Eropa.

Pesawat yang dikirim ke Spirit Airlines, merupakan pengiriman ke-37 dari fasilitas produksi di AS. Sejak Airbus memulai produksi pada Juli 2015 di negara itu, mereka sebelumnya sudah memproduksi 36 pesawat A321. Pengiriman ini dinilai merupakan tonggak penting bagi Airbus.

Bob Lekites, Executive Vice President Customers, Airbus Americas mengatakan bahwa Airbus telah mencapai tonggak sejarah dalam pengiriman A320 pertama yang diproduksi di Amerika Serikat. Tanpa diragukan lagi, keluarga pesawat A320 akan mampu memenuhi kebutuhan penumpang di Amerika Utara. “Kami senang bisa merayakan tonggak sejarah ini dengan partner hebat, Spirit Airline,” kata Lekites.

Ted Christie, Executive Vice President dan Chief Financial Officer Spirit Airlines mengatakan bahwa mereka merasa terhormat menerima Airbus A320 pertama yang dibuat di Amerika. “Pesawat ini akan bergabung dengan armada yang terus tumbuh. Ini adalah armada termuda dan paling hemat bahan bakar di negara ini. Pesawat baru ini menunjukkan komitmen kami untuk menghadirkan pesawat terbang paling bersih dan mutakhir kepada pelanggan kami karena kami terus menawarkan tarif terendah di industri ini,” ujar Christie.

Seri A320 sampai sekarang masih memegang rekor sebagai lini produk single aisle terlaris di dunia. Seri ini terdiri dari empat model yaitu A318, A319, A320, A321. Biasanya pesawat ini mampu menampung 150 penumpang dalam dua kelas, atau 180 jika menggunakan layout dengan kepadatan tinggi untuk maskapai berbiaya rendah.

A320 telah tersebar luas di seluruh dunia, dengan rute terbang mulai dari komuter pendek hingga penerbangan antarbenua. Sampai saat ini, seri pesawat ini telah menerima lebih dari 13.200 pesanan dan lebih dari 7.700 pesawat telah dikirim ke sekitar 400 maskapai dan operator di seluruh dunia.

Airbus sendiri telah membangun fasilitas perakitan di Mobile, Alabama AS pada Juli 2012. Fasilitas itu memerlukan investasi senilai 600 juta dollar AS. Peresmian seremonial pabrik tersebut berlangsung pada September 2015. Airbus berharap bisa mengirim empat pesawat per bulan dari pabrik di Mobile ini.