Airbus Helicopters Genjot Produksi H215M di Rumania

Airbus Helicopters dan perusahaan penerbangan terkemuka di Rumania IAR, telah memperluas kerjasama eksklusif mereka dengan dalam proyek helikopter multi fungsi H215M. Berdasarkan perjanjian ini, IAR akan menjadi kontraktor utama bagi H215M untuk pesanan Kementerian Pertahanan Rumania. Kementerian ini memang terus berupaya menggantikan armada tua mereka hingga beberapa tahun ke depan.

Awalnya perjanjian ini ditandatangani dengan durasi selama 5 tahun. Namun keduanya kemudian sepakat memperpanjangnya sampai 15 tahun. Kesepakatan ini menggarisbawahi komitmen Airbus Helicopters dan IAR untuk bersama-sama berkontribusi terhadap modernisasi armada helikopter angkatan bersenjata Rumania dalam jangka panjang.

Pengumuman tersebut terjadi saat kunjungan resmi Presiden Perancis Emmanuel Macron ke Bucharest dan dihadiri oleh Presiden Rumania Klaus Iohannis.

“Kami bangga telah memperpanjang kesepakatan ini sebagai hasil kepercayaan jangka panjang antara IAR dan Airbus Helicopters. IAR telah membangun lebih dari 360 helikopter di bawah lisensi Airbus Helicopters selama beberapa dekade terakhir, yang membuat kami yakin akan kesuksesan H215M di masa depan,” kata Neculai Banea, Direktur Umum IAR.

Berdasarkan perjanjian ini, IAR akan bertindak sebagai kontraktor utama untuk semua pesanan H215M dari Kementerian Pertahanan Rumania. Ini mencakup kerjasama antara Airbus Helicopters dan IAR pada produksi, perakitan, penyesuaian, dukungan dan pemeliharaan seluruh helikopter H215M milik Angkatan Bersenjata Rumania. Keduanya juga sepakat untuk mengekspor produk inijika ada peluang.

Olivier Michalon, Wakil Presiden Senior Airbus Helicopters wilayah Eropa  mengatakan, perjanjian 15 tahun ini meneguhkan kerja sama IAR dan Airbus Helicopters untuk memenuhi kebutuhan masa depan Angkatan Bersenjata Rumania. Airbus ingin memberikan nilai terbaik bagi pembeli heli asal Rumania dengan menawarkan rangkaian produk dan layanan terlengkap.

“Setiap unit bisnis Airbus berkontribusi langsung pada penguatan basis industri pertahanan Eropa. Saat ini Airbus telah menyumbang lebih dari 5.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung di Rumania, melalui divisi Helikopter, Pertahanan dan Antariksa, Pesawat Komersial dengan Premium Aerotec, serta mitra industri seperti Aerostar, Turbomecanica, Aeroteh, Aerofina, dan lain-lain, yang membuat Airbus sebagai investor kedirgantaraan terbesar di negara ini, “tambah Michalon.

Airbus Helicopters telah hadir di Rumania selama lebih dari lima belas tahun melalui anak perusahannya Airbus Helicopters Romania. Anak usaha ini terbilag sukses sejak awal dengan sekitar 75 persen dari omsetnya dicapai melalui kontrak ekspor.