Terbang Pakai Pesawat Dinas, Istri Pejabat AS Dicemooh

Seorang pejabat pemerintah AS dikritik publik karena istrinya dianggap berbuat tidak pantas. Di media sosial, sang istri memasang foto dirinya sedang turun dari pesawat milik pemerintah AS. Masalahnya, dia bilang dalam keterangan foto soal beberapa merk ternama yang dipakainya dalam perjalanan itu. Lalu, ketika ada seorang perempuan berkomentar, dia membalasnya dengan pedas.

Netizen AS pun berang dengan kelakukan nyonya pejabat itu.

Akhirnya, sebuah LSM disana meminta keterangan resmi soal perjalanan apa sebenarnya itu dan mengapa istri sang pejabat ikut di dalamnya. Kelompok aktivis ini bahkan menduga perjalanan dinas oleh Steven Mnuchin selaku Sekretaris Keuangan AS itu mungkin direncanakan untuk menonton gerhana matahari yang memang baru saja lewat disana. Lembaga swasta ini menuntut pemerintah menjelaskan, apa sebenarnya tujuan perjalanan dengan pesawat dinas itu.

Departemen Keuangan AS tidak banyak berkomentar soal ini.

Para aktivis menggunakan aturan kebebasan informasi untuk menggali informasi lebih jauh. Biasanya, keterangan akan disampaikan selengkapnya, karena jika tidak maka departemen bersangkutan bisa dianggap melanggar hukum.

Louise Linton, Istri Sekretaris Keuangan itu memang cantik. Dia bisa dibilang seorang model kelahiran Skotlandia.

Para aktivis mengatakan, perjalanan dinas itu telah memicu reaksi keras publik Amerika. Mereka menyatakan, Linton telah membentak pada seorang warga negara yang berkomentar di foto yang dia posting. “Dan dia membela gaya hidupnya yang mewah dan perjalanan yang dibayar pemerintah,” demikian pernyataan para aktivis.

Para aktivis yakin, permintaan untuk keterangan yang lebih lengkap ini akan menjelaskan tentang fakta dibalik penggunaan pesawat pemerintah oleh Mnuchin. Mereka juga bertanya, mengapa pejabat itu tidak menggunakan penerbangan komersial. Padahal patut diduga, sang pejabat menggunakan pesawat itu untuk sebuah penerbangan yang nampaknya direncanakan untuk menonton gerhana matahari. Kemungkinan sang pejabat ingin memperoleh sudut pandang yang lebih bagus selama gerhana terjadi.

Mnuchin memang diberitakan berkunjung ke Kentucky dan memberikan sambutan bersama dengan Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell di sebuah acara disana. Dia juga mengunjungi cadangan emas AS di Fort Knox.

Para aktivis melancarkan kritik karena istri pejabat itu dinilai tidak etis men tag perancang busana di depan sebuah pesawat milik pemerintah yang baru saja dipakainya. Seorang juru bicara Departemen Keuangan mengatakan kepada media AS bahwa keluarga Mnuchin mengganti uang pemerintah untuk penerbangan Linton dalam perjalanan dinas itu.