Boeing 737-200 Tertua di Dunia Masih Dipakai di Indonesia

    Apakah Anda lahir tahun 1970?

    Jika jawabannya adalah ya, maka ada sesuatu yang istimewa terkait tahun itu. Pesawat komersial tertua yang masih beroperasi, adalah sebuah Boeing 737-200 buatan 1970. Dan, tebak ada dimanakah pesawat itu sekarang?

    Jangan terkejut. Dia ada di Indonesia!

    Tahun 1970 Boeing 737-200 tertua ini punya nomor seri 20335, dan melakukan penerbangan perdananya untuk Air California. Hampir 50 tahun berlalu, Air California kini sudah bangkrut dan NASA berharap bisa memulai sebuah koloni di Mars. Tapi 20335 masih digunakan di Indonesia oleh salah satu maskapai dengan kode penerbangan PK-OCG.

    Perjalanan pesawat ini cukup panjang. Setelah Air California, pesawat ini digunakan oleh maskapai berbasis di Hawaii bernama Aloha Airlines. Setelah itu, dia menghabiskan dua tahun dengan PSA yang berbasis di Ohio AS. Lalu dipegang Braniff yang sekarang sudah tidak ada selama 6 bulan sebelum bersama dengan American Airlines raksasa.

    Lalu sejak tahun 1991, berada di armada maskapai dari Indonesia. Tetapi tenang, memang masih banyak jet buatan tahun 70-an yang beroperasi. Menurut database penerbangan Airfleets.net, dari ratusan pesawat yang diluncurkan pada tahun 1970, hanya satu yang rusak, yaitu sebuah jet 747 yang digunakan Angkatan Udara Iran.

    Jet tertua kedua yang masih beroperasi adalah ZS-IJJ, sebuah Boeing 737 yang terdaftar di Johannesburg, Afrika Selatan. Ada juga produksi tahun 1972 yang dioperasikan Kamerun Airlines yang juga sudah bangkrut. Hampir semua pesawat paling tua yang masih diterbangkan dimiliki oleh maskapai kecil.

    Kenya Transafrican Air memiliki 737 berusia 42 tahun. Venezolana, maskapai berbiaya rendah dari Venezuela memiliki pesawat berusia 39 tahun. Saha Airlines Iran memiliki 747 berusia 40 tahun.  Caspian Airlines, saingan lokalnya, memiliki jet jumbo berusia 39 tahun.