K-MAX Ekspansi Pasar Heli Pengangkut

Heli dengan bentuk agak unik adalah produk unggulan dari Kaman Aerosystems. Dengan dua baling-baling, menjadikan helikopter K-MAX ini punya daya angkut besar. Pesanan terus mengalir, jalur produksi komersial yang baru dibuka pada Mei 2017 langsung penuh. Pengiriman dua heli produksi pertama dijadwalkan untuk pembeli dari Lectern Aviation of China. Pesanan itu adalah untuk heli misi pemadam kebakaran, tidak lama lagi akan diserahterimakan.

“Berkat keahlian dan kerja keras para staf yang bekerja, penerbangan pertama berjalan sangat lancar. Pesawat baru ini tampil sempurna dan saya berharap bisa menyelesaikan jadwal uji coba produksi kami dalam beberapa minggu mendatang,” kata Bill Hart, Pilot Kepala Kaman.

Heli K-MAX telah dipesan oleh pembeli dari seluruh dunia termasuk China, Eropa dan Amerika Utara. Pesawat ini digunakan di seluruh dunia untuk pemadam kebakaran, penebangan kayu dan misi lainnya yang membutuhkan kemampuan angkat aerial yang berulang. Tambahan kemampuan dalam misi pemadam kebakaran dan kemanusiaan untuk K-MAX juga sedang dikembangkan dan diuji.

Korps Marinir A.S. mengoperasikan dua pesawat K-MAX tak berawak yang dikembangkan bersama Lockheed Martin. Pesawat ini berhasil mendukung Korps Marinir A.S. di Afghanistan selama periode 2011-2014 membawa lebih dari 4,5 juta pound kargo.

Pengembangan K-MAX dipimpin oleh pendiri Kaman dan mantan CEO sekaligus seorang pelopor penerbangan, Charles H. Kaman. Produk mereka sudah menerima sertifikasi Federal Aviation Administration pada 1994.

K-MAX dengan single engine single wheel memiliki biaya perawatan yang rendah. Heli yang memiliki sistem rotor counter rotating dan dioptimalkan untuk operasi beban eksternal dan dirancang khusus untuk penerbangan referensi vertikal. Pesawat bisa mengangkat hingga 6.000 pound (2.722 kg).

Kaman Aerosystems adalah salah satu divisi dari Aerospace Kaman Corporation, yang didirikan pada 1945 oleh pelopor penerbangan Charles H. Kaman. Berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, Kaman Corporation melakukan bisnis di pasar kedirgantaraan dan distribusi. Perusahaan ini juga memproduksi dan memasarkan bantalan dan komponen pesawat untuk pesawat terbang tempur tetap dan putar komersial, militer dan umum.