Heli H175 Calon Penguasa Baru Laut Utara

CHC Helicopter, penyedia jasa transportasi heli dari Aberdeen, Skotlandia baru saja menerima pengiriman Heli H175 pertamanya dari Airbus Helicopter. Heli ini akan disewakan untuk mendukung operasional perusahaan minyak dan gas lepas pantai. Heli tersebut telah dikirim dalam konfigurasi transportasi untuk penumpang di area lepas pantai.

Heli ini telah disesuaikan untuk membawa 16 penumpang karyawan perusahaan minyak dan gas lepas pantai. Sistem kerja mereka, dalam pola transportasi terjadwal dari tengah laut ke daratan, memungkinkan heli ini berfungsi maksimal. Apalagi, CHC Helicopter menerapkan kontrak HCare yang akan membantu memaksimalkan efisiensi biaya melalui program pemeliharaan suku cadang dan barang-barang yang dapat diperbaiki yang dipasok dari Pusat Armada Laut Utara dari Airbus Helikopter, juga di Aberdeen.

“H175 memungkinkan kita untuk terus menyempurnakan armada global kita untuk memenuhi kebutuhan unik pelanggan kita sambil menawarkan teknologi dan kemampuan pesawat terbaru,”kata Dave Balevic, Wakil Presiden Senior, Teknik dan Operasi di CHC Helicopter.

Heli ini memang relatif baru. Saat ini baru ada 15 armada global H175 yang beroperasi dengan sekitar 12.000 jam terbang. Dari jumlah itu, 13 diantaranya digunakan dalam misi terkait sektor minyak dan gas. Sebagian besar perusahaan pemakainya beroperasi di di Laut Utara dan ada satu operasi di Teluk Meksiko.

H175 memiliki berat lepas landas maksimum (MTOW) hampir 8 ton dan dirancang untuk memberikan efisiensi yang tak tertandingi di berbagai misi, termasuk utilitas, transportasi VIP, minyak dan gas dan SAR. Dilengkapi dengan Helionix, suite terintegrasi dengan sistem Avionics canggih dan mode autopilot 4-sumbu, H175 menawarkan penguasaan situasi yang optimal. Semua ini meningkatkan standar keamanan operasional dengan membantu mengurangi beban kerja pilot dan meningkatkan fleksibilitas misi.

“CHC akan mendapatkan keuntungan dari fleksibilitas yang disempurnakan yang ditawarkan oleh H175. Heli ini membantu kelancarantransportasi dan efisiensi karena mampu membawa hingga 16 penumpang ke instalasi lepas pantai Laut Utara. Dengan kokpit kaca sepenuhnya, sistem otomatis, kabin yang luas dan jendela besar, H175 mewakili sebuah prestasi besar, membantu menaikkan standar efisiensi operasional, keamanan dan kenyamanan dalam operasi lepas pantai, ” kata Ben Bridge, EVP Global Business di Airbus Helicopters.

Heli ini memiliki lebih sedikit getaran dan bahkan hampir tidak terasa pada kecepatan 150 knot dari kecepatan maksimumnya yang  165 knot. Selain CHC, H175 kini dioperasikan oleh setidaknya empat operator lain, yaitu NHV, Pegaso, Babcock dan Monacair dan memainkan peran kunci dalam mendukung industri minyak dan gas lepas pantai melalui efisiensi dan fleksibilitas layanan transportasi helikopter.