Pesawat Tersambar Petir, Kru Landasan Pingsan

Seorang pekerja bandara dilarikan ke rumah sakit setelah terkena dampak sambaran petir. Ceritanya, dia sedang bekerja di depan sebuah pesawat di landasan. Sebuah petir kemudian menyambar bagian ekor pesawat. Pekerja itu yang ada di bagian hidung ikut terpental karena aliran listriknya.

Pekerja itu adalah Austin Dunn yang berumur 21 tahun. Dia sedang memandu pesawat milik maskapai Sun Country di landasan bandara Fort Myers, Florida. Dunn dan tiga orang kawannya, satu di belakang mobil dorong, dan satu lagi berdiri agak jauh, menyiapkan pesawat itu untuk proses take off.

Saat ketiganya berdiri di bawah pesawat tak jauh dari bagian sayap, petir tiba-tiba menghantam bagian ekor jet. Sebuah kilatan api bahkan terekam kamera dan menyebabkan ketiga pekerja bereaksi. Namun, hanya Dunn yang posisinya paling dekat dengan pesawat, yang terkena dampak langsung.

Dunn langsung ambruk dan kawannya segera menelpon bagian kesehatan bandara untuk meminta bantuan medis.

Saudara laki-laki korban, Autumn Dunn mengatakan bahwa dia takut kondisi yang paling buruk akan menimpa Austin Dunn, sebab petir sering menyebabkan kematian. “Ayah saya menelepon, dan dia bilang kakak saya tersengat listrik dan sekarang ada di rumah sakit Lee Memorial, yang saya tanyakan hanya apakah dia masih hidup?” kata Autumn Dunn kepada media.

Dunn memang dirawat serius karena luka bakar yang parah. Tapi setidaknya dia masih hidup. Kejadian itu begitu menyeramkan bagi keluarganya, tetapi kabar bahwa Dunn tidak tewas sudah sangat melegakan.

Bagaimana dengan penumpang pesawat?

Pesawat terbang telah didesain tahan terhadap sambaran petir. Para penumpang yang didalamnya juga dijamin aman karena tidak terkoneksi langsung dengan logam di bagian luar pesawat. Justru yang berbahaya adalah, seperti dalam kasus Austin Dunn, yaitu orang-orang yang berada di sekitar pesawat ketika masih di landasan. Ini seperti sambaran petir yang menimpa orang-orang ketika berteduh di bawah pohon.

Orang-orang di sekitar pesawat menerima dampak langsung karena mereka tidak terlindungi dari petir. Seluruh badan pesawat menyebarkan listrik dari petir itu, dan mereka yang terhubung langsung akan kejang-kejang dibuatnya.