Penerbangan Haji Sejauh Ini Selalu On Time Performance

Pemerintah mengapresiasi positif pencapaian waktu keberangkatan dan kedatangan atau on time performance (OTP) penerbangan haji pada kloter 1 dan 2, tanggal 28 dan 29 Juli 2017 yang mencapai 100 persen. Pencapaian tersebut sangat menggembirakan karena sebelumnya ada sejumlah kendala. Seperti misalnya pemindahan penerbangan embarkasi Jakarta dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta.

“OTP 100 % itu sangat luar biasa, dan ini hanya bisa terjadi jika semua pihak bekerja keras dan bekerja sama dengan baik. Seperti misalnya maskapai penerbangan, ground handling, pengelola bandara, Airnav Indonesia, juga Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan sebagai regulator,” ujar Agus Santoso, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Agus berharap trend positif ini bisa dipertahankan hingga nanti semua jadwal penerbangan haji selesai. Baik itu penerbangan untuk keberangkatan calon jamaah haji maupun kepulangan jamaah haji. “Saya mengajak semua pihak untuk lebih bekerja keras dan bekerjasama dengan lebih erat agar trend positif ini bisa berlanjut hingga pelaksanaan haji tahun 2017 ini selesai. Ibadah Haji adalah ibadah yang sangat penting bagi umat Islam, jadi kita harus mendukungnya dengan sepenuh kekuatan dan kemampuan kita. Semoga nanti kita semua juga mendapat pahala dan berkah dari Allah karena telah membantu saudara-saudara kita beribadah dengan lancar,” lanjut Agus lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, maskapai Garuda Indonesia pada hari pertama pelaksanaan keberangkatan haji 28 Juli 2017 telah memberangkatkan beberapa kloter. Terdiri dari embarkasi Jakarta 4 kloter, embarkasi Padang 1 kloter, embarkasi Makassar 1 kloter, embarkasi Medan 1 kloter dan embarkasi Solo 4 kloter. Pemberangkatan kloter pertama tersebut berhasil mencatatkan OTP 100 persen.

Khusus Embarkasi Padang, Kloter 1 GA-3301 ini bahkan berangkat lebih cepat 30 menit dari Jadwal yang ditentukan yaitu berangkat pukul 09.59 WIB, padahal jadwal seharusnya pukul 10.30 WIB. Kloter 1 tersebut membawa 388 calon Jemaah haji dan tiba di Madinah pukul 18.50 Waktu setempat. Untuk kloter 2 embarkasi Padang, Sabtu 29 Juli 2017 berangkat sesuai jadwal pada pukul 14.25 dan direncanakan akan tiba di Madinah pada pukul 22.45 waktu setempat. Kloter 2 tersebut akan membawa sekitar 390 penumpang.

Untuk Penerbangan kloter 2 embarkasi Jakarta/Bandara Soekarno Hatta pada hari Sabtu berangkat tepat waktu pada pukul 09.35 WIB dan tiba di Jeddah pada pukul 14.42 waktu setempat. Kloter 2 ini mengangkut 392 penumpang. Terhitung hingga Sabtu 29 Juli 2017, sudah 17 kelompok terbang atau kloter dari delapan embarkasi, tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi.

Dengan demikian, jumlah jemaah calon haji Indonesia yang telah tiba di Madinah mencapai 6.818 jemaah dan telah menempati pemondokan masing-masing.