Badai di Istambul, Sejumlah Pesawat Rusak

Pesawat jet milik maskapai Atlas melakukan pendaratan darurat pada Kamis di Bandara Internasional Istanbul Atatürk, Turki. Pendaratan darurat dilakukan setelah hujan es menyebabkan kerusakan parah pada bagian luarnya.

Sebuah rekaman mengabadikan bagaimana pesawat tersebut berhasil mendarat di bandara berkat pilot berpengalaman setelah diserang badai dan hujan es yang memecahkan kaca depan dan nyaris menghancurkan hidungnya.

Untung cuaca sudah lebih bersahabat ketika pesawat itu mendarat.

Hari Kamis lalu, curah hujan yang tinggi memang mengganggu lalu lintas, baik itu untuk pesawat maupun lalu lintas darat di Istambul. Ribuan orang harus mengendarai kendaraan di jalan-jalan yang banjir. Keterlambatan jadwal dilaporkan terjadi di bandara utama Istanbul karena beberapa pesawat dialihkan ke bandara lain. Pihak berwenang Turki bahkan menutup sementara Terowongan Eurasia, yang menghubungkan sisi Asia dan Eropa Istanbul di bawah selat Bosporus, sebagai tindakan pencegahan.

Ini adalah yang kedua kalinya dalam 10 hari hujan deras menggenangi jalan-jalan di Istanbul dan menimbulkan malapetaka di kota metropolitan tersebut. Es seukuran bola golf turun dari langit dan menghancurkan apa saja yang ditimpanya. Kaca depan pesawat dan bagian sayap sejumlah pesawat dibuat babak belur di Bandara Internasional Ataturk. Media Hurriyet melaporkan setidaknya 13 pesawat Turkish Airlines dalam perjalanan ke Ataturk dialihkan ke destinasi lain karena curah hujan dan badai.

Seorang penumpang Şakir Bahadır, yang bepergian dengan Airbus A321 milik Turkish Airlines dengan nomor penerbangan TK969 dari Nicosia ke Istanbul bahkan mengatakan bahwa pada titik tertentu, dia sudah berpikir pesawat yang ditumpanginya akan mendarat di laut.

https://www.instagram.com/p/BXEI7LhjCQd/