Seri Pesawat Pertanian (7): Jawara Kecil dari Benua Selatan

Gippsland GA-200 Fatman adalah pesawat pertanian bermesin tunggal dengan sayap rendah yang dibangun oleh GippsAero. Awalnya, pesawat ini didesain dengan bentuk dasar pesawat ringan Piper Pawnee. Dua prototip pertama bahkan benar-benar menggunakan frame milik Pawnee yang rusak. Barulah pada prototipe ketiga, yang dibangun pada 1992, perintisnya menggunakan badan pesawat orisinil pertama. GA-200 telah disertifikasi sepenuhnya pada 1 Maret 1991.

Certificate of Type Approval Nomor  83-6 untuk GA200 dikeluarkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Australia.  Ini adalah sertifikat pertama yang dikeluarkan untuk desain pesawat yang benar-benar baru di Australia sejak munculnya GAF Nomad, 20 tahun sebelumnya. Dasar sertifikasinya adalah standar sertifikasi Australia, Civil Aviation Orders, bagian 101.16 dan 101.22.

Ini memang bukan pesawat populer. Hingga saat ini hanya sekitar 50 pesawat GA200 yang diproduksi di pangkalan GippsAero di Bandara Latrobe Valley, Australia. Dari jumlah itu. 28 di antaranya telah diekspor ke berbagai negara seperti Selandia Baru, China, Amerika Serikat, Kanada, Afrika Selatan dan Brasil. Pada akhir 1990an, produksi GA200 bahkan diperkecil lagi karena perusahaan yang sama memproduksi pesawat seri berbeda, GA8 Airvan.

Kelebihan pesawat ini adalah karena konsep disainnya yang memungkinkan bisa memiliki bobot minimum untuk sayap dan menghemat sekitar 45 kilogram pada desain tiang kantilever. Hal ini memungkinkan GA200 membawa muatan maksimum yang setara dengan berat kosongnya. Konfigurasi ini juga menyediakan struktur yang memberikan kemampuan terbang lebih baik. Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia bahkan memberikan kelaikan masa pakai konservatif hingga 15.000 jam terbang untuk komponen struktural penting. Pemakaiannya bisa diperpanjang terus, tergantung pada hasil tes yang dilakukan setelah menempuh jam terbang itu.

Sayap GA200 memiliki pelindung yang sangat baik. Bagian ini dapat dilepas dan dipasang kembali dengan mudah, dengan tetap memperhatikan sambungan dan distribusi beban. Semua komponen telah teruji tahan korosi karena dipersiapkan di bengkel khusus di masaperakitan di hangar GippsAeros.

Ujung hidung pesawat dibuat terpisah dan mudah diganti. Ini untuk mengantisipasi jika terjadi tabrakan dengan burung atau benda lainnya, sehingga tidak perlu mengganti badan pesawat secara keseluruhan. Penerapan sistem ini dianggap cukup unik dan menjadikan GA200 sebagai salah satu perintisnya. Flap sayap semi-span dirancang dengan efektif di semua kondisi penerbangan. Posisi pesawat yang menaik 15 derajat membantu daya dorong, sehingga mengurangi beban take off secara signifikan.

Pesawat ini juga memiliki dua jenis konfigurasi kursi pilot, yaitu di belakang beban dan di atas beban. Selain itu ada juga variasi kursi kedua, untuk duduk co-pilot sekaligus asisten operasional pesawat selama penyemprotan atau penyebaran benih.

GA200 adalah peswat pertanian kebanggaan Australia. Meski jumlah produksinya sedikit, lebih banyak disebabkan oleh pasar lokal yang memang tidak terlalu luas. Namun sebagai pencapaian teknologi pesawat ringan pertanian, seri pesawat ini harus masuk dalam catatan.