Pesawat Gagal Terbang, Penumpang Bubar, Gara-Gara Kentut

Kentut bisa jadi masalah di penerbangan. Meski kabar ini masih samar, tetapi ada dugaan keras bahwa kentut jadi penyebab sebagian besar penumpang pesawat jatuh sakit. Seluruh penumpang pun kemudian diminta turun, petugas medis bandara dipanggil, dan penanganan kesehatan dilakukan menyeluruh.

Di awal kabar, tidak diketahui di maskapai apa kejadian kentut bermasalah ini terjadi. Namun belakangan terkuak bahwa insiden aneh ini berlangsung di penerbangan American Airlines. Meskipun, baik polisi, petugas bandara, maupun pihak berwenang kesehatan tidak bersedia menjelaskan, rute penerbangan ini.

Kisah bermula ketika sejumlah penumpang American Airlines tiba-tiba mual dan sakit kepala. Jumlahnya tidak satu atau dua, tetapi cukup banyak. Sejumlah penumpang menduga, semua ini terjadi karena salah satu penumpang kentut. Insiden yang terjadi hari Minggu sore, 16 Juli 2017 waktu Amerika ini memaksa semua penumpang keluar dari jet tersebut. Soal keluarnya seluruh penumpang dari pesawat ini dibenarkan pejabat berwenang.

Menurut juru bicara Bandara Internasional Raleigh-Durham, tempat insiden ini terjadi, apa yang bisa diungkapkan ke publik adalah bahwa pesawat American Airlines mendarat pukul 4 sore di bandara tersebut. Awak kabin kemudian meminta tolong panggilan petugas kesehatan, karena sejumlah penumpang mengeluh mual dan pusing. Petugas kesehatan pun dipanggil. Kejadian ini diakui dan dibenarkan pihak berwenang.

 

Setelah semua penumpang dikeluarkan pesawat dan insiden tersebut diselidiki, diketahui bahwa ada penumpang yang kentut. Namun, petugas tidak mau mengakui secara tegas bahwa kentut menjadi penyebab sakitnya sejumlah penumpang itu. Yang jelas, kata juru bicara bandara, panggilan darurat kesehatan telah disampaikan. Media yang ingin tahu lebih jauh soal kentut ini diminta menghubungi Layanan Darurat Kesehatan di wilayah Wake County.

Juru bicara American Airlines hari Minggu malam mengatakan bahwa sebuah pesawat mereka memang memiliki masalah dengan bau. Tetapi dia menyangkal bahwa itu karena kentut. “Kami memang memiliki jadwal terbang dari Charlotte ke Raleigh-Durham hari Minggu siang. Pesawat telah mendarat pukul 2:19 sore. Tetapi meyangkut berita yang muncul, yang benar adalah bahwa pesawat tidak bisa beroperasi karena masalah mekanis. Sebenarnya ini adalah masalah bau di kabin. Tapi itu bukan karena kentut seperti yang diberitakan sebelumnya,” demikian kata Ross Feinstein, juru bicara American Airlines.

Kalau benar peristiwa ini karena kentut, perlu diselidiki sebelum buang angin penumpang itu makan apa. Bagaimana mungkin kentutnya begitu sakti, bisa membuat sebagian penumpang sakit kepala dan mual. Bahkan akhirnya memaksa pesawat gagal terbang, karena seluruh penumpangnya harus diturunkan lagi.