Terlalu Gemuk, Penumpang Terima Perlakuan Tidak Menyenangkan

Seorang model berbadan gemuk, Natalie Hage mengaku telah dilecehkan dengan kata-kata dan tindakan oleh seorang penumpang pesawat yang duduk tidak jauh darinya. Dia mengatakan, orang asing itu mulai “terengah-engah dan mendesah” saat dia duduk di sebelahnya dalam penerbangan American Airlines ke Los Angeles pada hari Kamis, 29 Juni 2017.

Model berukuran plus itu mengatakan bahwa dia ‘sangat malu’ di pesawat terbang.

Natalie mengaku tahu orang itu mengirimkan teks ‘jahat’ tentang dia ke temannya, dia juga menambahkan, lelaki itu bisa dipastikan telah memotret dirinya dan mengirim fotonya ke orang lain dengan komentar yang “sangat kejam dan jelek”. Lelaki itu menulis: semoga dia tidak memakan makanan Meksiko. Lalu, teman lelaki itu membalas dengan mengatakan: saya pikir dia makan orang Meksiko.

Problem ini bermula karena Natalie yang berukuran gemuk, memperoleh kursi di tengah. Tidak ada lagi kursi kosong yang bisa diberikan untuknya. Posisi kursi itu membuat penumpang di kanan dan kiri Natalie merasa terganggung. Apalagi, deretan kursi di sejumlah maskapai di Amerika dikenal begitu rapat dan tidak nyaman bagi rata-rata penumpang yang berbadan lebih besar.

Natalie menggambarkan insiden mengejutkan itu sebagai ‘kenyataan sehari-hari orang gemuk’. Dia juga mengeluh karena penumpang di sebelah kanannya menolak bertukar tempat dan bahkan tertawa.

Apa yang menimpa Natalie ini adalah makanan sehari-hari dalam penerbangan di AS. Jumlah penumpang yang mengalami kelebihan berat badan terus bertambah. Persoalan pun menjadi tidak sederhana karena dalam banyak penerbangan berbiaya rendah, kursi justru dibuat semakin rapat. Ada sejumlah kejadian, dimana penumpang yang beran badannya terlalu berlebih, bahkan dilarang naik ke pesawat. Maskapai telah menerapkan kebijakan dengan menempatkan penumpang berbadan lebar di posisi-posisi tertentu. Tetapi kursi untuk mereka kadang tidak cukup tersedia.