Pesawat Myanmar Yang Jatuh adalah Y-8, Pesawat Apa Ini?

Fitur Y-8

Y-8 memiliki hidung berlapis kaca. Tiga pendaratan roda memiliki ban tekanan rendah dan rem cakram. Kursi di kokpit untuk digunakan  pilot, co-pilot, insinyur penerbangan, petugas komunikasi radio dan navigator.

Kompartemen kargo berukuran 13x3x2.4m dapat dikonfigurasi untuk membawa penumpang, pasukan payung atau tandu medis. Sekitar 60 tentara yang terluka, 23 tentara luka ringan dan tiga petugas medis dapat diakomodasi di kompartemen kargo.

Avionik

Selain sistem radio komunikasi dan navigasi, pesawat ini memiliki radar navigasi Doppler, sistem autopilot dan kompas radio.

Penanda penerima suar menentukan posisi pesawat dalam rute yang ditentukan. Y-8 juga dilengkapi dengan receiver peringatan di belakang dan transponder identifikasi teman atau musuh.

Kinerja

Y-8 didukung oleh empat mesin turboprop Zhuzhou WoJiang-6. Setiap mesin bisa menghasilkan 3.170 kW. Mesin dipasang di bawah tepi sayap non-menyapu.

Y-8 memiliki kecepatan jelajah 550km / jam dan tingkat pendakian 10m per detik. Pesawat ini bisa terbang 10.5 jam dengan kecepatan maksimum 660km / jam. Sementara jangkauan pesawat adalah 5.615km, langit-langit layanannya adalah 10.400 m. Pesawat berbobot 35.490kg dan berat lepas landas maksimumnya adalah 61.000 kg.

Sumber: airforce-technology.com