Langka, Si Hannah ini Bisa Tertangkap Kamera

0
The Aviationist

Banyak pesawat militer Amerika Serikat yang langka muncul ke publik. Salah satunya adalah pesawat ini. Sebuah pesawat Boeing B-707 yang Dikelola oleh MIT Lincoln Laboratory dan Angkatan Udara Amerika.

Pesawat ini dijuluki dari “Hannah” yang dimodifikasi dari  Boeing 707. Pesawat ini digunakan sebagai tesbed sistem komunikasi dan sensor yang digunakan dalam pengembangan jaringan terpadu dan penginderaan udara USAF.

Foto langka ini diambil pada 14 April 2017 di Hanscom Air Force Base, Massachusetts, oleh fotografer Rich Barnett dan ditayangkan The Aviationist. Gambar dalam posting ini menunjukkan Boeing 707-321B membawa kode sipil N404PA.

Pesawat ini sebelumnya dikenal sebagai  “Paul Revere”. Dibeli bekas oleh Angkatan Udara Amerika setelah bertahun-tahun sejak tahun 1965 terbang dengan Pan Am. Saat ini, pesawat dioperasikan oleh perusahaan patungan antara 350th Wing Sistem Elektronik Angkatan Udara dan M.I.T. Lincoln Labs.

Di bawah callsign radio “Research 4 Papa Alpha”  pesawat ini digunakan untuk menguji manajemen pertempuran udara, komando, kontrol dan teknologi komunikasi.  Pada tahun 2004, Angkatan Udara Amerika merilis keberadaan Boeing misterius ini dan  memberikan beberapa rincian tentang misinya menjelang partisipasi untuk JFEX 04.

“Paul Revere  adalah nama yang diberikan untuk sebuah gugus tugas Angkatan Udara, Departemen Pertahanan dan kontraktor pemerintah  menerbangkan Boeing 707, yang memungkinkan warfighters untuk bereksperimen  dan menguji teknologi komunikasi terbaru.”

Boeing 707 yang digunakan, sebelumnya pesawat komersial, ditarik keluar dari tempat penyimpanan akhir pesawat udara pada tahun 1980 dan oleh Institute of Technology Lincoln Laboratory  Massachusetts diubah menjadi  laboratorium terbang pada tahun 2001.

Meskipun pesawat dipertahankan dan diterbangkan oleh pekerja laboratorium, pesawat dan segala sesuatu di atasnya milik pemerintah AS.

“Itu bagian dari kontrak yang kita miliki,” kata Dr Joe Chapa, pemimpin kelompok asosiasi  laboratorium.

Paul Revere adalah salah satu aplikasi dari pesawat. Banyak inisiatif sedang dan telah, diuji oleh 707 dengan bantuan Satuan Tugas Paul Revere. Misalnya, menurut situs MIT, pada musim panas 2008, N404PA melakukan tes komunikasi satelit frekuensi sangat tinggi (EHF) sedangkan pada bulan Juni 2009, laboratorium terbang terlibat menguji antena generasi berikutnya untuk komunikasi udara dengan Milstar .

Facebook Comments