Seret Penumpang demi Awak Pesawat, United Airlines Minta Maaf

    United airlines umumkan rute terpanjang

    CEO  United Airlines Oscar Munoz meminta maaf  setelah rekaman video memperlihatkan seorang lelaki Asia diseret dari kursinya di satu pesawat United. Peristiwa tersebut memicu kecaman luas di media sosial.

    “Ini adalah peristiwa yang mengecewakan buat kami semua di sini di United,” kata Pejabat Eksekutif Tertinggi itu di dalam satu pernyataan.

    Dia menambahkan United Airlines  telah mengontak penumpang ini dan  melakukan penangan lebih lanjut serta menyelesaikan masalah ini”.

    Sebelumnya, rekaman video di media sosial memperlihatkan seorang pria Asia diseret secara paksa dari kursinya  oleh tiga petugas keamanan, sehingga lelaki tersebut berteriak kesakitan.  Para petugas itu kemudian menyeret pria tersebut di sepanjang lorong pesawat, sementara kacamata lelaki itu miring dan bagian bawah bajunya tertarik ke atas perutnya. Gambar lain yang diambil di pesawat yang sama memperlihatkan mulut pria tersebut berdarah.

    Menurut Chicago Tribune, peristiwa itu terjadi di pesawat United Airlines di Bandar Udara Internasional O’Hare di Chicago pada Minggu 9 April 2017 malam. Pesawat United Airlines tersebut kelebihan penumpang dan meminta empat relawan untuk menyerahkan kursi mereka kepada pegawai United Airliner, setelah semua orang naik pesawat.

    Ketika tak seorang pun menjawab, United Airlines mengumumkan mereka akan mengundi relawan secara acak melalui komputer. Seorang penumpang terpilih, tapi ia menolak untuk pergi. Pegawai United Airlines menghubungi petugas keamanan, yang kemudian menyeret penumpang itu dari kursi dan ke luar pesawat.

    Rekaman video oleh beberapa penumpang lain di dalam pesawat yang sama menarik lebih dari satu juta  kunjungan di media sosial, dan banyak yang mengecam cara United Airlines menangani kondisi tersebut.