Mungkinkah Komputer Kokpit Pesawat Dibajak? Ini Jawabannya…

0
Kemampuan Terbang Manual Pilot AS

Sebuah sistem berbasis penyimpanan data di-hack adalah sesuatu yang sangat umum. Lantas mungkinkah sistem komputer pesawat terbang di kokpit bisa dibajak? Berikut jawaban John Cox, seorang mantan pilot US Airways yang kini menjadi konsultan kemanan sistem operasi penerbangan sebagaimana dikutip USA Today.

Keamanan komputer pesawat terbang dirancang sangat serius. Kontrol penerbangan pesawat dan manajemen sistem komputer untuk penerbangan dibuat terpisah agar tetap aman.

Seorang hacker mungkin saja bisa menganggu sistem layanan hiburan (fasilitas untuk penumpang) selama penerbangan. Namun tetap tidak bisa menembus sistem komputer di kokpit karena semua sudah diatur dengan sangat steril, aman dan terpisah.

“Memiliki skema proteksi password tidak akan menambah banyak keamanan tambahan. Dalam kasus yang sudah terjadi, Pembajak (teroris) tetap memanfaatkan pilot untuk mengendalikan pesawat.”

Hacker bisa membajak sistem GPS mobil namun tidak bisa membajak GPS pesawat. GPS pesawat lebih baik dan lebih canggih daripada mobil. Selama ini sangat jarang sekali sistem ini bisa diganggu. Kalaupun ada tanda-tanda gangguan, GPS secara otomatis akan mengingatkan pilot untuk segera mengambil tindakan.

Namun dengan ketrampilan hacker modern semua mungkin saja bisa terjadi. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi maskapai dan produsen pesawat terbang. Yang jelas saya belum pernah mendengar ada GPS dibajak.

Sistem keamanan di kokpit juga menimbulkan tanya apakah ada pasword tertentu yang digunakan pilot ataupun co pilot untuk menghindari terorisme?. Memiliki skema proteksi password tidak akan menambah banyak keamanan tambahan. Dalam kasus yang sudah terjadi, Pembajak (teroris) tetap memanfaatkan pilot untuk mengendalikan pesawat.

Bahkan dalam serangan WTC 11 September 2001, pilot tetap pegang kendali sejak lepas landas hingga akhirnya kendali direbut teroris dan menabrak gedung.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.