Cristiano Ronaldo Jadi Nama Bandara

Striker Real Madrid Cristiano Ronaldo  bergabung bersama puluhan tamu dan ratusan penggemar di daerah asalnya Kepulauan Madeira Rabu 29 Maret 2017 untuk upacara resmi mengubah nama bandara setempat menjadi Aeroporto Cristiano Ronaldo.

Ronaldo 32 tahun adalah pahlawan bagi  Madeira. Di daerah ini terdapat  patung, museum dan hotel yang menggunakan namanya.

Presiden Portugal dan perdana menteri negara tersebut terbang langsung  ke pulau untuk  meluncurkan sebuah plakat peringatan di luar pintu masuk terminal, di atas sebuah patung Ronaldo.

Sekilas patung perunggu itu terlihat aneh karena tidak menggambarkan kegantengan pesepakbola terbaik di dunia tersebut.  Patung aneh ini pun sempat menjadi viral di media sosial.

Pemahat patung ini, Madeira asli Emanuel Santos, mengatakan dia membuatnya selama 15 hari. Dia telah mempresentasikan karyanya itu ke  pejabat setempat saat baru selesai setengah dan diizinkan untuk meneruskan pekerjaannya.

“Itu kehormatan besar  bekerja pada proyek seperti ini ,” kata Santos saluran televisi lokal RTP. “Saya masih belum memiliki kesempatan untuk secara pribadi berbicara dengan (Ronaldo). Tapi aku akan mencoba untuk menemuinya untuk mendapatkan umpan balik.”

Ronaldo lahir di Funchal di Madeira pada tahun 1985. Dia pindah ke Lisbon berusia 12 untuk melanjutkan pendidikan sepak bola di Sporting Lisbon, sebelum kemudian pindah ke  Manchester United dan Madrid. Sampai saat ini dia  membuat rekor 138 penampilan bersama timnas  Portugal dan mencetak rekor 71 gol.

Penggunaan Ronaldo menjadi nama bandara sempat ditentang sejumlah politisi yang menyebut seharusnya  nama pesepakbola itu lebiih tepat ndigunakan untuk nama stadion atau tempat olahraga lain.