Iran Terima Pesawat Airbus Ketiga

    Sebuah pesawat Airbus A330 tiba di Teheran pada  Sabtu 25 Maret 2017. Ini adalah pesawat  ketiga dari  200 pesawat penumpang yang dibangun Barat dan dipesan  oleh IranAir menyusul pencabutan sanksi terhadap Iran tahun lalu.

    Kantor berita resmi IRNA melaporkan  A330-200 mendarat di bandara Mehrabad Teheran dengan berlogo  IranAir yang sedang berjuang untuk  memperbaharui armada mereka yang rapuh karena sanksi. Pesawat bergabung A330 yang lain serta A321 yang lebih kecil dan dikirim ke Iran awal tahun ini oleh Airbus.

    Keberhasilan Presiden  Iran Hassan Rouhani mengakhiri  sanksi internasional dengan mencapai kesepakatan dengan kekuatan dunia juga telah mengintensifkan ketegangan menjelang pemilihan presiden Mei dengan kelompok garis keras, yang telah mengkritik kesepakatan itu tidak memberi  manfaat ekonomi yang nyata karena sanksi dicabut.

    Iran telah memesan 100 pesawat yang dari  Airbus dan 80 dari Boeing dan sedang dalam pembicaraan untuk menyelesaikan kesepakatan untuk membeli 20 pesawat turboprop ATR dari yang dibangun  Airbus dan Italia Leonardo Finmeccanica.

    Negara ini tidak  membeli pesawat Barat  hampir 40 tahun,  kecuali  penjualan Airbus untuk menggantikan satu pesawat yang ditembak jatuh Angkatan Laut AS pada tahun 1988.

    Ketidakpastian tetap ada pada  sisa pesanan karena bank menghindar dari penawaran dengan Iran karena takut sanksi diberlakukan lagi oleh Amerika dan negara-negara lain.