United Airlines akan Pensiun Sang Legenda 747 Terakhir

United Airlines akan mempensiun pesawat legendaries  Boeing 747-400 terakhir mereka pada Oktober ini setelah  hampir setengah abad menerbangkannya.

Maskapai  berbasis di Chicago akan  menggusur pilot 747  terakhir pada tanggal 30 Oktober. Namun belum ditetapkan kapan  penerbangan terakhir jumbo jet terhormat ini akan dilakukan.

Dalam update jadwal penerbangan bulan lalu United  akan menerbangkan  747 ke London Heathrow, Frankfurt, Seoul Incheon dan Shanghai Pudong dari  San Francisco.

Scott Kirby, presiden United Airlines, mengumumkan pada Januari bahwa maskapai ini akan mempensiun 747 pada kuartal keempat, hampir satu tahun lebih awal dari yang direncanakan.

“Ini adalah tonggak pahit  jumbo jet ini  pernah mewakili state-of-the-art dalam perjalanan udara,” katanya.   United mengambil pengiriman 747 pertama pada tahun 1970.

“Hari ini, ada pesawat berbadan lebar yang lebih hemat bahan bakar, hemat biaya dan lebih handal yang memberikan pengalaman penerbangan yang lebih baik  untuk pelanggan kami ketika bepergian dengan penerbangan jarak jauh.”

United Airlines  menggantikan 20 armada 747  dengan 14 Boeing 777-300ER, yang semuanya dijadwalkan untuk pengiriman pada pertengahan 2017.

Jadwal yang didapat flightglobal menunjukkan penerbangan terakhir 747 United akan dilakukan dari Seoul ke San Francisco pada 29 Oktober. Tetapi jadwal ini bisa berubah.