Inilah Lima Bandara Teraneh di Dunia…

Boeing Gencet Produksi Jumbo Jet
ilustrasi

Nama bandara biasanya memakai nama tokoh-tokoh besar, negarawan ataupun pahlawan. Namun di beberapa tempat, nama Bandara justru terdengar aneh, unik dan tidak lazim. Berikut lima bandara dengan nama “Aneh”.

1. Bandara Batman, Turki

bandara batman 1

Bandara ini bukan berlokasi di Kota Gotham seperti di film fiksi. Bandara ini benar benar berlokasi di Kota Batman. Nama Batman sudah ada sejak dahulu dan Kota Batman juga tidak berhubungan dengan industri film Amerika. Kota Batman merupakan wilayah di bagian tenggara Turki. Selain sebagai kota bisnis, Batman juga dikenal memiliki ladang minyak bumi.
2. Mafia Airport di Tanzania

mafia airport 2
Bayangkan Anda mendarat di bandara Mafia. Dari namanya saja langsung terngiang kisah film mafia. Imajinasi pun berkembang jangan-jangan di bandara itu banyak berkeliaran preman berjas dengan rambut klimis dan senjata api layaknya di film film mafia. Namun ternyata justru sebaliknya. Bandara ini teramat sangat sederhana. Loket untuk tiket saja tak ubahnya warung makan. Tidak ada bangunan megah layaknya bandara internasional, yang ada bangunan mirip kantor kelurahan di desa terpencil. Yang berkeliaran bukannya preman, namun para turis dan petugas bandara setempat.
3. Bandara Useless Loop di Australia

bandara Useless loop
bandara Useless loop

Jika di alih bahasakan ke Bahasa Indonesia, nama bandara ini jadi sangat lucu. Namanya menjadi Bandara Sia-sia. Bayangkan, ketika Anda begitu bersemangat untuk berlibur dan ternyata Anda harus mendarat di bandara dengan nama yang sangat pesimistis.
Tapi jangan khawatir, mendarat di bandara ini tidak lantas membuat perjalanan Anda sia-sia. Bandara ini terletak di kawasan Shark Bay, Gascoyne, Australia Barat. Kawasan ini merupakan tempat pelestarian satwa dugong dan lumba-lumba.
Di bandara ini runaway pesawat hanya berupa hamparan tanah kering berpasir, tanpa dilengkapi menara ATC, apalagi bangunan mewah.
4. Robin Hood Airport, Inggris.

Bandara Robin Hood
Bandara Robin Hood

Robin Hood Airport Doncaster Sheffield adalah sebuah bandar udara internasional yang terletak di bekas stasiun RAF Finningley di Finningley, di Metropolitan Borough of Doncaster di South Yorkshire, Inggris.
Bandara ini terletak lima kilometer arah tenggara dari Doncaster dan 29 km sebelah timur dari Sheffield. Bandara ini tergolong kecil untuk ukuran bandara internasional. Pada 2014, bandara ini menampung sekitar 724.885 orang.
5. Slave Lake Airport, Kanada

Slave Lake Airport
Slave Lake Airport

Jika dimaknai dalam Bahasa Indonesia, nama bandara ini berubah jadi bandara “Danau Budak”. Aneh dan serem memang. Bahkan bagi warga Kanada yang sudah terbiasa saja nama bandara ini tetap terdengar aneh. Bandara ini terletak di Kota Alberta. Bandara ini memiliki runaway sepanjang 1.697 meter.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.