Lahir Sebelum Perang Dunia II, DC-3 Tak Pernah Tua

Beberapa hal tidak pernah menjadi tua, bahkan menjadi semakin baik. Sebagai misal pesawat transportasi pra-Perang Dunia II DC-3.

Dimulai pada tahun 1990-an Kolombia membeli dengan harga sekitar US$5 juta per unit untuk mengkonversi tujuh C-47 (DC-3) era Perang Dunia II menjadi gunships AC-47T Fantasma (Spooky).

Pesawat ini membawa awak tujuh kru dan dilengkapi dengan sensor penglihatan malam hari dan tiga laras senapan mesin kaliber  50 atau meriam 20mm dan kadang-kadang beberapa bom.

Sejak itu dua AC-47T telah hilang karena kecelakaan tapi sisanya masih berpatroli di pantai dan di atas hutan untuk memburu geng obat terlarang atau pemberontak sayap kiri. Misi biasanya berlangsung sekitar sepuluh jam dan seringnya pada malam hari.

Gunships AC-47 pertama kali muncul di tahun 1964 dalam perang Vietnam. Saat itu ada ribuan C-47 yang relatif baru bisa didapat. Pesawat  yang suka beroperasi di malam hari ini dikenal sebagai “Spooky.”

Selama 1969 53 AC-47 bertugas di Vietnam dan 36 persen hilang dalam perang (biasanya kecelakaan dan kegagalan mekanik). AC-47 segera digantikan oleh pesawat angkut bersenjata yang lebih besar, terutama C-130 era 1950-an.

DC 3 (atau C-47 atau “Dakota” dalam penggunaan militer) terus terbang dalam layanan komersial hingga abad ke-21. Beberapa ratus DC 3 masih terbang di seluruh dunia, sebagian besar dimiliki oleh operator kecil dalam negeri di AS dan oleh beberapa perusahaan angkutan udara negara ketiga.

Pesawat yang dibangun pertengahan 1930-an iini awalnya hanya 500 dibangun. Tetapi kemudian berubah pada tahun 1939. Lebih dari 35.000 DC 3 diproduksi untuk digunakan selama Perang Dunia II. DC-3, menjadi pesawat yang paling banyak diproduksi selama perang.

Ketika pasukan terjun payung sekutu melompat, itu biasanya dari C-47 / DC-3. Pesawat  bisa membawa 28 pasukan, tapi dalam kondisi darurat dipaksa membawa 60 orang. Dengan jangkauan maksimum 3.400 kilometer dan kecepatan tertinggi 296 kilometer per jam, DC 3 mampu membawa kargo  hingga 3,5 ton.

Meskipun produksi berhenti pada 1944, desain tangguh dan dapat diandalkan menjadikannya terus ditingkatkan dengan mesin dan elektronik yang lebih baik serta komponen mekanik dan struktural baru yang lebih kuat dan tahan lama daripada yang asli.

DC-3 yang paling moderen dapat membawa setidaknya lima ton kargo. Semua DC-3 / C-47 telah berusia lebih dari 70 tahun dan beberapa masih akan terbang satu abad setelah yang pertama memasuki layanan.

Renovasi DC-3 telah berlangsung selama beberapa dekade. Upgrade paling sukses dan menyeluruh dilakukan oleh sebuah perusahaan Amerika (Basler Turbo Conversions). Perusahaan ini juga yang melakukan konversi untuk Kolombia dan menghasilkan AC-47T.

Mesin turboprop baru yang lebih efisien dan dapat diandalkan dan kokpit modern yang semua layar datar dan elektronik  termasuk sensor yang terus memantau kondisi pesawat dibangun kembali.

BT-67
BT-67

Jadi seri BT dari transportasi DC-3 bersaing sebagai alternatif yang lebih terjangkau dengan desain yang jauh lebih baru saat ini. Pesawat konversi BT digunakan Kolombia, El Salvador, Guatemala, Mali, Mauritania, Thailand, dan bahkan oleh pemerintah Amerika Serikat.

Hanya Kolombia membeli model bersenjata, semua pengguna lain memiliki pesawat kargo atau pengawasan model. Filipina sedang mempertimbangkan membeli versi tempur tetapi penggunaan terutama sebagai pesawat pengintai bersenjata.

Pesawat BT sangat cocok untuk misi ini karena mereka memiliki kecepatan jelajah 375 kilometer per jam dan layanan langit-langit rendah dari 4.000 meter (13.000 kaki)