Pesawat Hungaria Bikin Typhoon Inggris dan F-16 Belgia Sibuk

Jet tempur Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Inggris (RAF) melesat cepat untuk mencegat sebuah pesawat yang terbang dari Rumania dan tidak bisa diajak komunikasi.  Pesawat lepas landas dari Bucharest pada Selasa 7 Maret 2017 sekitar pukul  01:30 dan mendarat dengan selamat di Birmingham pada 07:30.

Selain Inggris, pesawat ini juga telah memaksa Belgia juga mengirimkan jet tempur F-16 untuk mencegat pesawat ini ketika terbang  di atas Laut Utara.

Pesawat yang kehilangan komunikasi itu adalah Saab 340  yang masuk layanan pada  tahun 1987 dan dioperasikan oleh maskapai penerbangan kargo Hungaria Fleet Air Internasional.

Dalam beberapa hari terakhir pesawat  telah membuat pemberhentian di Brno, Republik Ceko, dan Cluj-Napoca di Rumania. Juru bicara untuk RAF mengatakan pesawat itu dengan aman diantar ke Bandara Internasional Birmingham.

“RAF dapat mengkonfirmasi bahwa pesawat Typhoon dari RAF Coningsby, Lincolnshire, diluncurkan pagi ini untuk misi Quick Reaction Alert  untuk mencegat pesawat sipil yang telah kehilangan komunikasi,” tambahnya sebagaimana dikutip Independent.

Quick Reaction Alert merupakan sistem yang menjadikan Angkatan Udara bisa mengirimkan jet tempur dalam hitungan menit untuk mencegat pesawat tak dikenal, yang mungkin telah kehilangan komunikasi dengan kontrol lalu lintas udara, tidak memiliki rencana penerbangan atau gagal untuk mengirimkan kode radar surveillance diperlukan.