Tahukah Anda Berapa Harga Toilet Pesawat? Rp222 Juta!

Air New Zealand telah membuka pintu untuk melihat ‘lab pee’ yakni bagaimana mengelola kotoran entah buang air besar atau kecil yang dilakukan penumpang saat terbang di pesawat.

Terlihat sepele tetapi ternyata sangat rumit dan mahal. Tiga teknisi spesialis kotoran dari maskapai ini mengatakan bahwa toilet pesawat sebenarnya menggunakan teknologi tinggi dan mahal. Berapa harganya? Sekitar US$17.000 atau kurang lebih Rp222 juta.

Tahukah Anda Berapa Harga Toilet Pesawat?
Peter Lowen, yang bekerja untuk departemen teknis Air New Zealand menjelaskan tentang konstruksi dan cara kerja toilet pesawat.

“Masing-masing juga terdiri dari 300 bagian dan bahkan memiliki komputer untuk mengendalikannya,” kata teknisi Duan Russell, Jack Westcott dan Peter Lowen sebagaimana dikutip Daily Mail beberapa waktu lalu.

Russell menambahkan dengan harga US$17.000 menjadikannya sebagai toilet termahal di dunia.

Tahukah Anda Berapa Harga Toilet Pesawat?
Toilet pesawat terdiri dari sekitar 300 komponen dengan cara kerja mekanis yang cukup rumit.

Beberapa pihak percaya bahwa toilet pesawat bisa bocor ketika terbang, tapi Russell mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin terjadi, berkat ‘sistem dua katup yang menjamin hal itu tidak akan pernah terjadi.

Tahukah Anda Berapa Harga Toilet Pesawat?
Sistem dua katup yang menjamin kloset tidak akan bocor.

Tangki-tangki hanya dapat dikosongkan saat pesawat telah mendarat. “Jadi pada saat Anda berada di toilet, itu , menempatkan kami dalam kerja keras seharian di lab kencing Air New Zealand ini,” kata mereka.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.