Momentum Dramatis Pesawat Saat Mendarat di Tengah Badai Doris

Badai Doris telah menghantam  Inggris dengan kecepatan  hingga 94mph dan  membawa hujan lebat serta salju. Badai telah menganggu jalur lalu lintas dan mengakibatkan ribuan orang tanpa listrik.

Hembusan angin kencang juga telah memaksa para pilot untuk bekerja ekstra keras dan berisiko tinggi untuk bisa mendaratkn pesawat. Mereka harus berjuang untuk mempertahankan pesawat dalam posisi stabil untuk melakukan pendekatan dan mendarat di landas pacu bandara di Inggris.

Beberapa rekaman video ini menunjukkan bagaimana  pesawat berjuang melawan  angin sengit di Bandara Leeds Bradford di Yorkshire. Beberapa pesawat bahkan harus membatalkan pendaratan dan terbang lagi karena tidak dalam posisi yang tepat.

Steven Draper, perwakilan dari British Airline Pilots’ Association dan mantan pilot, mengatakan metode crab landing menjadi hal yang harus dikuasai ketika mendarat dalam kondisi crosswind yang kuat. “Seorang pilot harus waspada dan bebas dari kelelahan saat mendarat, dan diberi kesempatan untuk mengembangkan keterampilan penanganan yang sangat baik. ”

https://www.youtube.com/watch?time_continue=142&v=UEjEHew4Gzk

Dai Whittingham, kepala eksekutif dari Komite Keselamatan Penerbangan Inggris, menyatakan bahwa   crosswinds hampir muncul setiap hari.

Dia mengatakan angin kencang dari samping sebenarnya tidak berbahaya bagi pesawat tetapi memang akan membuat pendaratan tidak nyaman, terutama jika angin kencang datang dari sampng.

“Semua pilot berlatih mendarat dalam kondisi crosswind tinggi.”