Pesawat Hantam Mal, Lima Tewas

Seorang pilot dan empat penumpang berkebangsaan Amerika Serikat tewas saat pesawat kecil yang mereka tumpangi menabrak atap mal perbelanjaan.  Pesawat mengalami kecelakaan setelah lepas landas dari lapangan terbang di luar Melbourne, kota terbesar kedua di Australia , Selasa 21 Februari 2017.

Pesawat bermesin “twin turboprop” buatan Beechraft King Air itu mengalami kerusakan teknis dan menabrak mal di dekat unjung landasan Bandar Udara Essendon, demikian kata Ajun Komisaris Polisi Stephen Leane dari Kepolisian Negara Bagian Victoria kepada sejumlah wartawan di Melbourne.

Sejumlah saksi mata kepada Kantor Berita Australia AAP menuturkan bahwa pesawat tersebut meledak akibat kecelakaan itu.

“Ada lima orang di dalam pesawat itu dan sepertinya tidak ada satu pun yang selamat akibat kecelakaan tersebut,” kata Leane.

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 waktu setempat (06.00 WIB) atau sekitar satu jam sebelum mal tersebut buka dan tidak ada korban selain penumpang pesawat, katanya menambahkan.

“Lima penumpang, semuanya laki-laki. Pilot pesawat berkebangsaan Australia dan empat penumpangnya dari AS,” demikian pernyataan Kepolisian Victoria.

Sky News menunjukkan puing-puing yang terbakar berserakan di parkir kendaraan di mal itu dan asap tebal hitam mengepul dari tempak kejadian kecelakaan.

Pesawat nahas tersebut tujuan King Island di Selat Bass yang memisahkan daratan Australia dan negara bagian Tasmania, pulau di selatan daratan Australia.

Koran-koran Australia melaporkan bahwa sedikitnya dua dari penumpang tersebut melakukan perjalanan ke gugusan pulau yang terkenal itu untuk bermain golf.

Seorang juru bicara Airservices Australia mengatakan bahwa jadwal penerbangan menuju dan dari bandara utama Melbourne tidak terkena dampak kecelakaan tersebut.Bandara Essendon yang biasanya digunakan oleh pesawat kecil itu masih tutup.

1 COMMENT

Comments are closed.