Apa Saja Peluang Karier di Dunia Penerbangan?

Hand Holding Toy Plane ca. 2002

Ketika bicara tentang karier di dunia penerbangan biasanya yang terbayang langsung seorang pilot atau pramugari. Padahal cabin crew hanyalah  sebagian kecil tenaga yang menggerakkan sebuah maskapai penerbangan.

Bekerja di maskapai akan memiliki kelebihan sendiri. Banyak perusahaan yang bersedia membayar tinggi tenaganya karena memang yang dibutuhkan adalah tenaga dengan keahlihan. Selain gaji pokok dan berbagai tunjangan, karyawan maskapai biasanya juga akan mendapat harga khusus untuk tiket penerbangan.

Maskapai penerbangan biasanya membutuhkan pekerja untuk banyak posisi yang beragam. Jadi bagi Anda yang tertarik bekerja di maskapai tidak ada salahnya mengetahui posisi atau jenis  pekerjaan apa saja yang biasanya dibutuhkan. Berikut beberapa di antaranya

Cabin Crew

Awak kabin memiliki beberapa tanggung jawab yang cukup serius. Mereka juga wajah langsung dari perusahaan penerbangan yang berhubungan langsung dengan penumpang. Jadi dibutuhkan orang yang berpenampilan menarik dan ramah. Apakah Anda suka bepergian? Profesi ini pasti akan sangat mendukung kegembaran Anda.

Airline Administrative Support

Setiap maskapai penerbangan, besar dan kecil, membutuhkan staf dukungan administratif untuk menjaga kantor berjalan lancar. Posisi ini termasuk sekretaris, pekerja entri data, resepsionis, komunikasi dan spesialis PR serta sumber daya manusia.

Airline Operations Agent

Tugas yang paling penting dari agen operasi adalah untuk melacak jumlah penumpang, bagasi, dan jumlah bahan bakar. Agen operasi harus memastikan bahwa semua kargo atau bagasi sudah benar dan aman di tempatnya.

Avionics Technicians  

Avionics Technicians atau teknisi avionik  melakukan perawatan dan perbaikan pada pesawat terbang, helikopter dan pesawat ruang angkasa. Jika mekanik pesawat fokus pada komponen fisik dari mesin terbang, teknisi avionik memperbaiki sistem elektronik yang kompleks.

Flight Dispatcher

Flight Dispatcher berbagi 50/50 dalam pengambilan keputusan dan tanggung jawab untuk keselamatan setiap penerbangan dengan kapten pesawat. Flight Dispatcher  bekerja di dalam ruangan di bandara di kantor operasi penerbangan atau kontrol pusat. Mereka menggunakan komputer, kalkulator, informasi dan grafik cuaca, dan pemuatan ulang port.

 

Aviation Meteorologist

Ahli meteorolgi penerbangan  memberikan informasi cuaca untuk penerbangan Dispatcher Flight dan pilot. Mereka harus menentukan kondisi cuaca terkini  dan memperkirakan  ketinggian. Termasuk arah dan kecepatan angin, awan, dan curah hujan.

Ramp Planner

Ramp Planer  bekerja untuk melacak sampai pesawat dan mengirimkan unit pelayanan, pembersih, fuellers, petugas bagasi, dan truk pelayanan makanan. Dia harus tahu jadwal penerbangan.

Sales Representative

Mereka membantu penjualan  penerbangan dan  mempromosikan maskapai mereka untuk meningkatkan usaha.

Airline Flight Instructor

Seorang instruktur maskapai penerbangan memberikan pelatihan kepada  pilot maskapai. Instruktur penerbangan maskapai adalah  pilot senior yang direkrut  maskapai.