Boeing Sudah Tombok Rp26 Triliun untuk Program Tanker KC-46

KC-46/ Boeing

Boeing pada Rabu 25 Januari 2017 mengumumkan bahwa biaya pada program tanker KC-46 kembali bertambah lagi sebesar US$201 juta  atau sekitar Rp2,7 triliun. Hal ini menjadikan menjadikan pembengkakan biaya  pada program ini telah mencapai lebih lebih dari US$2 miliar atau sekitar Rp26,6 triliun.

Boeing terkunci ke dalam kontrak harga tetap dengan Angkatan Udara yang membuat perusahaan bertanggung jawab atas pertumbuhan biaya jika melebihi US$4,9 miliar (sekitar Rp65,1 triliun) yang disepakati dalam kontrak.

Perusahaan ini sebelumnya telah membayar lebih dari US$1,9 miliar atau sekitar Rp25,2 triliun untuk pertumbuhan biaya yang disebabkan oleh berbagai masalah teknis selama pembangunan pesawat tanker ini.

Namun, CEO Boeing Dennis Muilenburg dalam laporan  25 Januari 2017 menyebutkan biaya baru sebesar US$201 juta  yang terjadi pada kuartal keempat 2016 berasal dari penerapan  perubahan untuk produksi awal pesawat, bukan karena masalah yang baru ditemukan,.

“Masalah kami  pada kuartal keempat [berpusat] sekitar perubahan konfigurasi yang ditetapkan sebelumnya, perubahan kabel,” katanya. “Sekarang kami menerapkan mereka pada tingkat rinci dalam pesawat produksi awal.”

Meskipun pekerjaan yang didefinisikan dengan baik, “Kami memiliki beberapa kategori pekerjaan yang memakan waktu lebih lama dari yang direncanakan dalam hal jam per pekerjaan, dan itulah yang menyebabkan peningkatan baya,” katanya dilansir Defense News.

Masalah kabel muncul pada  2014, ketika review Administrasi Federal Penerbangan menemukan bahwa beberapa bundel kabel dalam tanker menggunakan model komersial, dan tidak sesuai dengan  kebutuhan militer. Masalah ini memaksa Boeing untuk mendesain ulang beberapa kawat bundel KC-46. Biaya ini menghabiskan US$312 juta  yang dibagi antara segmen bisnis komersial dan Boeing Defense.

Meskipun perusahaan itu “kecewa” dengan  biaya lain di KC-46A, Muilenburg mengatakan kepada investor bahwa ia percaya program ini akan berubah lebih baik ketika bergerak dari pengembangan ke produksi.

“Tahun lalu kita berbicara tentang risiko utama pembangunan, risiko uji terbang, dan jika Anda ingat kita harus bekerja melalui beberapa tantangan pada pengisian bahan bakar booming,” katanya, mengacu pada masalah yang ditemukan pada tahun 2016 yang memaksa Boeing untuk membuat hardware dan software modifikasi boom.

“Sementara kita masih memiliki uji penerbangan lagi, itu sangat jelas sekarang bahwa kita tidak menemukan risiko pengujian baru,” katanya. “Sekarang tentang mendapatkan 18 pesawat pertama untuk dikirim.”

Boeing berencana  memberikan KC-46 pertama untuk Angkatan Udara tahun ini. Masalah teknis akan memaksa perusahaan untuk melewatkan batas waktu kontrak pertama untuk memberikan 18 pesawat pada bulan Agustus 2017. Sekarang kami  berharap bisa melakukan pada Januari 2018.

Tahun lalu, Angkatan Udara memberikan kontrak senilai US$2,8 miliar atau sekitar Rp37,2 triliun kepada Boeing untuk mengirimkan 19 KC-46A pertama. Layanan ini berencana  membeli 179 pesawat tanker sepanjang perjalanan program.

Baca juga:

Hendak Uji Terbang, KC-46 Pegasus Malah Rusak karena Bahan Kimia