Kaimana Ingin Garuda Buka Jalur ke Ambon dan Manokwari

    Mengintip Super Diamond Seat Terbaru Garuda Indonesia

    Pemerintah Kabupaten Kaimana, Papua Barat, akan membangun  bekerja sama dengan Garuda guna membuka rute penerbangan Kaimana-Ambon (Maluku), dan Kaimana-Manokwari mulai Maret 2017.

    Bupati Kaimana Matias Mairuma di Manokwari, mengatakan penerbangan itu direncanakan dengan pola subsidi dari pemkab dengan harapan mendongkrak kunjungan wisatawan.

    “Rancangan nota kesepahamannya sudah siap dan sudah kami kirim ke kantor pusat Garuda di Cengkareng. Dalam waktu dekat MoU tersebut ditandatangani,” kata Bupati Senin 23 Januari 2017.

    Dia menjelaskan, subsidi melalui APBD berupa pengisian 15 kursi penerbangan dari dan ke Kaimana. “Kami sudah beberapa kali rapat bersama pihak maskapai, baik dengan cabangnya di Ambon maupun kantor pusat di Cengkareng,” katanya dilaporkan Antara..

    Semula, ujarnya, pihak maskapai akan mengalihkan pesawat Garuda di Sumatera ke Kaimana, tetapi dibatalkan karena persoalan teknis.

    Pendekatan subsidi dilakukan untuk menarik pesawat Garuda agar segera beroperasi di Kaimana. Kalau penerbangan Garuda, kepariwisataan Kaimana pasti berkembang, katanya Pada rapat di kantor pusat beberapa waktu lalu, lanjut Mathias, Garuda tahun ini mengadakan 15 pesawat jenis ATR 600. Beberapa unit di antaranya akan diarahkan ke Kaimana.

    “Kaimana- Ambon untuk membuka akses wisatawan dari Kawasan Indonesia Barat. Sementara Kaimana-Manokwari untuk wisatawan dari wilayah Papua dan Papua Barat,” katanya.