Lanjut Atau Berhenti, T-50 Masuk Fase Penting

Jet tempur generasi kelima T-50 PAKFA yang dibangun Rusia memasuki tahapan baru yang sangat menentukan.

Pasukan Aerospace  Rusia (VKS) mengatakan pada tanggal 6 Januari bahwa mereka akan menerima  pengiriman  lima pesawat pertama yang telah melalukan uji penerbangan  oleh Sukhoi di Gromov Flight Research Institute (LII) di Zhukovsky.

Lima T-50 sekarang akan ditransfer ke Chkalov VKS State Flight Test Centre base No. 929 di Akhtubinsk. Setelah di pusat pengujian ini, pesawat akan dimasukkan dalam program  pengujian bersama negara  yang memungkinkan untuk pilot militer  secara bertahap mengambil alih validasi pesawat. Program pengujian bersama ini secara teori menjadi proses terakhir  prototipe pesawat sebelum lampu hijau produksi diberikan  untuk T-50.

Program pengujian ini sendiri akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama,  pilot industri yang telah menerbangkan T-50 akan melatih kader pilot militer untuk menerbangkan  pesawat. Pada tahap kedua, penerbangan akan dilakukan sepenuhnya oleh pilot VKS dan memvalidasi apakah pesawat tersebut memenuhi persyaratan operasional layanan.

Spesialis industri pertahanan Rusia, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada AIN Online Kamis 19 Januari 2017, bahwa otorisasi untuk T-50  apakah masuk produksi atau tidak harus menunggu sampai hasil akhir dari program pengujian negara bersama.

“Tim uji penerbangan  VKS bisa mengeluarkan laporan awal yang menyatakan bahwa poin utama dari validasi telah berhasil diselesaikan dan produksi  mungkin bisa dimulai,” katanya.

Dia mencatat bahwa dalam beberapa program sebelumnya, persetujuan untuk produksi seri diberikan  sebelum program pengujian secara resmi benar-benar selesai.

Tapi spesalis industry lain menilai  sepertinya tidak mungkin hal itu terjadi dengan T-50.  ” T-50 merupakan program prioritas bagi [mantan CEO UAC Mikhail] Pogosian, tapi karena ia digantikan tampaknya telah jatuh dari  daftar prioritas VKS. Mungkin tidak lagi menjadi dorongan birokrasi besar untuk melihat  pesawat ini bergegas masuk ke dalam produksi. ”

Alasan kedua adalah  bahwa ini adalah mesin tempur generasi baru dan radar AESA untuk T-50 masih belum siap untuk seri produksi dan harus disertifikasi pada pesawat. Saat ini T-50 dilengkapi dengan mesin jet Saturnus 117  dan radar pasisf NIIP- N035 Irbis  yang merupakan bagian dari konfigurasi standar untuk Su-35.

Setelah dari jalur produksi dan diterima ke dalam layanan, seri-produksi pesawat T-50 pertama akan diserahkan ke Kementerian Pertahanan Rusia untuk kemudian akan melakukan pengujian tempur. Pada tahap ini pilot VKS yang telah menyelesaikan program pengujian bersama negara dan akan menciptakan kader instruktur pilot diambil dari unit-unit tempur  untuk menjadi operator T-50 pertama.