Inilah Pesawat-Pesawat Kargo Terbesar di Dunia

Airbus Beluga

Airbus Beluga juga menjadi salah satu kargo paling besar baik di pesawat sipil atau militer yang terbang saat ini. Saat ini ada lima Airbus Baluga dalam operasi di seluruh dunia.

Airbus menggunakan pesawat besar ini untuk mengangkut bagian pesawat dan sayap di banyak tempat produksi Eropa.  Namun, perusahaan lain juga menggunakan jasanya untuk membawa berbagai komponen.

Di masa lalu, Beluga digunakan untuk mengangkut tangki dengan panjang 17,6 meter dan diameter  6,5 meter diameter seberat 39 metrik ton berisi bahan kimia. Selain itu juga pernah digunakan  dan untuk mengangkut lukisan besar karya seninam Prancis. Beluga dapat membawa muatan maksimum 47.000 kg dalam renang  1.600 km.

Serupa dengan Guppy, Beluga  menjadi pesawat angkut yang  disukai  banyak perusahaan ruang angkasa swasta. Beluga bahkan juga telah digunakan untuk mengangkut komponen besar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Beluga juga dilengkapi modul pemanas yang dirancang untuk mengontrol suhu badan pesawat. Fleksibilitas itu memungkinkan pesawat untuk mengangkut peralatan yang sensitive pada perubahan suhu. Airbus berencana merilis Beluga baru yang  6 meter lebih panjang dan 1 meter lebih lebar dari Beluga SL.