Guppy, Raksasa Jelek Ini Membantu Manusia Mencapai Bulan

Dari bentuknya, ini adalah pesawat paling jelek di dunia, tetapi paling berguna dalam armada NASA. Meski bentuknya lebih mirip ikan besar daripada pesawat, Guppy, demikian pesawat ini dnamakan  digunakan untuk mengangkut kargo yang  sangat besar di seluruh dunia.

Sebelum satelit diluncurkan ke ruang angkasa, dia harus diterbangkan ke lokasi peluncuran dengan aman. Dan ini menjadi tugas dari  Super Guppy.

Super Guppy memainkan peran integral dalam mengangkut komponen penting untuk banyak misi NASA. Sebelum  Presiden Kennedy yang mengumumkan rencana ambisius NASA untuk mencapai bulan sebelum 1970,  cara mengangkut roket Apollo dari California ke Florida adalah dengan kapal yang berjalan lambat dan harus melewati Terusan Panama.

Membutuhkan waktu setidaknya satu bulan untuk misi ini angkut ini saja. NASA  kemudian pergi ke Aero Spacelines untuk menemukan sebuah pesawat layak mengangkut ribuan kilogram dalam satu perjalanan.

Jawabannya datang pada tahun 1962 dengan rencana membangun Guppy, pesawat dengan kapasitas payload terbesar di dunia.  Armada Guppy  terdiri dari beberapa pesawat termasuk Hamil Guppy 377PG dan Super Guppy 377SGT-F.

Sejak penerbangan pertama pada tahun 1965, pesawat telah  terbang lebih dari tiga juta kilometer dalam mendukung program Gemini, Apollo dan Skylab NASA yang membawa komponen sangat besar dan sensitive  serta peralatan khusus.  Tanpa Guppy, NASA akan pernah dapat mengirim astronot ke bulan pada 1969!

Sampai hari ini, NASA secara konsisten bergantung pada Guppy untuk mengangkut komponen besar menuju Stasiun Antariksa Internasional atau di seluruh dunia. Meskipun Guppy pertama  telah  pensiun, NASA masih memiliki  Super Guppy (377SGT-F) yang terus terbang  di seluruh dunia. Bila tidak digunakan oleh NASA, Guppy juga digunakan oleh industri lain untuk mengangkut komponen besar pesawat lainnya.

Super Guppy sejak itu telah digunakan untuk mengangkut modul awak kapal bertekanan Orion untuk Exploration Mission-1 (EM-1)  NASA. Modul akan diluncurkan  roket terbesar di dunia yang pernah dibangun: sistem peluncuran luar angkasa NASA. Uji terbang pertama dijadwalkan akan dilalukan di 2018. Selama misi ubu, Orion akan melakukan perjalanan ribuan kilometer di orbit bulan.

Teluk kargo  ekstra lebar Guppy  memungkinkan untuk mengangkut pesawat jet militer dengan rentang sayap 7,6-meter. Video berikut menunjukkan NASA memuat dua jet T-38A Talon ke teluk kargo  Guppy.

Fitur Super Guppy

Kapal yang bentuknya terkesan lucu dan mirp ikan paus ini  memiliki muatan maksimum 24.000 Kg. Meski pernah memiliki kapasitas terbesar pada masanya tetapi sekarang jauh di bawah  payload dari Antonov-225 Mriya yang mampu membawa kargo 240.000 Kg.

Hal yang membedakan  Guppy  adalah teluk kargo yang sangat besar.  Guppy memiliki ketinggian pesawat dari hampir 8 meter dengan lebar juga 8 meter. Sementara ketinggian Mriya  dan ukuran lebar masing-masing hanya 4,4 meter dan 6,4 meter.

Meskipun Super Guppy sudah usang, track record-nya hampir sempurna dan terbukti layak.  Guppy telah mengangkut  sebagian besar komponen Apollo dan ISS dan terus jadi pilihan  untuk NASA.