Ke Mana Pesawat Pergi Setelah Pensiun?

Pesawat jelas tidak bisa terbang selamanya. Lalu  apa yang terjadi dengan ketika pensiun? Banyak dari mereka membuat penerbangan terakhir ke spesialis pembongkaran seperti Air Salvage Internasional yang akan membedah pesawat untuk daur ulang atau mengirimkan ke tempat pembuangan sampah.

Sekitar 95% dari bagian pesawat dapat didaur ulang. Berapa banyak yang dapat didaur ulang tergantung pada desain dan usia pesawat. Sebagian dijual ke produsen pesawat. Bagian lain, meskipun, harus dirawat dengan biaya lebih mahal, Air Salvage Internasional  menjual bagian-bagian pesawat yang akan digunakan dalam film-film seperti World War Z dan Star Wars. Satu pesawat bahkan beruntung bisa membintangi sebuah iklan fashion dengan balerina.

Namun, interior plastik  dan sampah bagasi bisa menjadi masalah  terutama  pesawat rakasasa Boeing 747.

Teknisi Air Salvage Internasional

Kadang-kadang, pesawat ini membawa kejutan tak terduga seperti kokain  senilai US$4 juta atau sekitar Rp52 miliar yang ditemukan teknisi  perusahaan  di dalam kamar mandi pesawat pada tahun 2010.

“Obat-obatan ii sebenarnya bernilai lebih dari nilai pesawat,” kata CEO dan pendiri Air Salvage Internasional  Mark Gregory.

Polisi menyita barang yang  mungkin tersembunyi selama penerbangan trans-Atlantik dari Amerika Selatan ke Eropa beberapa bulan sebelumnya.

https://www.youtube.com/watch?v=chN1IQdJftw

Air Salvage Internasional   berada di  di Inggris tengah, menyediakan “end-of-life service” untuk antara 50 sampai 60 pesawat pada di Cotswold Airport setiap tahun.

Mark Gregory  mengatakan kepada The Huffington Post, “Kami ingin menjaga mereka dalam buaian sampai liang kubur.”

Ia juga mencatat, bahwa ketika pesawat tiba untuk pembongkaran, mereka biasanya masih aman untuk perjalanan.

“Mereka sepenuhnya layak terbang ketika mereka tiba dan kadang-kadang terlihat mereka seperti akan pergi ke perjalanan lain,” katanya. “Hal ini dapat cukup menyedihkan”.