Makan Sandwich Seharga Rp72 Ribu, Pramugari EasyJet Dipecat

Seorang pramugari EasyJet dipecat karena memakan sandwich atau  roti isi bacon seharga £4.50 (Rp 72 ribu) yang diberikan oleh manajernya saat di penerbangan.

Shannon Gleeson, 22, memakan sebuah roti baguette karena ia memiliki alergi terhadap kacang dan tidak bisa menemukan makanan yang aman untuk ia makan saat terbang ke luar negeri untuk pertama kalinya.

Namun, sebagaimana dilansir Metro.co.uk ia dipecat dari perusahaan tersebut karena perilaku yang tidak baik dan pencurian karena tidak bertanya kepada manajernya jika makanan tersebut telah dibayar.

Dalam sebuah pengadilan di Cambridge pekan lalu,  Gleeson telah menerobos aturan perusahaan karena tidak meminta nota.

Dalam persidangan tersebut ia bisa jadi salah jika dipecat karena peraturan easyJet tidak harus memberikan konsumennya untuk menerima nota dari makanan yang diberikan pada mereka.

Shannon Gleeson (kanan) dan ibunya

Gleeson yang sekarang hamil 18 minggu mengatakan: “Aku bukan pencuri dan itulah yang dilabelkan kepadaku.”

Masalah ini diselesaikan oleh perusahaan tersebut diluar persidangan pada 11 Januari 2017 setelah terdengar bahwa tidak mungkin ada catatan mengenai bahan yang hilang dalam sebuah penerbangan.

EasyJet melakukan investigasi terhadap insiden roti isi, yang terjadi di penerbangan dari Amsterdam pada 3 Januari 2015.

Seorang kru penerbangan mengatakan kepada perusahaan tersebut bahwa Gleeson dan manajer kabin terlihat memakan baguette bacon dan croque monsieus untuk penumpang

Gleeson menjelaskan, dia saat itu tidak menemukan makanan yang aman untuk dimakan dalam penerbangan. Gleeson alergi produk makanan berbasis kacang. Lalu manajer kabin penerbangan itu memberikan sandwich kepadanya untuk dimakan.

 

Malang bagi Gleeson, perusahaan EasyJet menuntutnya menunjukkan kuitansi pembelian Sandwich. Perusahaan maskapai itu juga mengklaim Gleeson melanggar kebijakan perusahaan karena tidak meminta kuitansi terlebih dulu kepada manajer yang memberikan sandwich tersebut sebagai bukti pembelian.

Gleeson, yang sudah bekerja selama tiga tahun di EasyJet, mengatakan dia bukan pencuri seperti yang dituding perusahaannya. Meski tak terima dituduh pencuri, Gleeson menyatakan permintaan maaf dan siap membayar sandwich yang dimakannya.

“Saya lantas dipecat bersama manajer kabin atas kesalahan mencuri,” katanya seperti dilansir Mirror pada 15 Januari 2017.

Kasus tersebut diselesaikan secara baik di luar pengadilan, tapi rincian lebih lanjut mengenai hal itu tidak diungkapkan.