10 Fakta Menarik Tentang Pesawat dan Penerbangan

ilustrasi

Dunia penerbangan komersial masih tempat yang kompleks dan misterius. Ada banyak hal-hal aneh tentang terbang. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin Anda ingin tahu.

1.Pesawat Tersambar Petir–  Bagi yang tidak tahu, wajar jika sangat khawatir pesawat akan hancur berkeping-keping ketika disambar petir di udara.  Faktanya adalah memang benar pesawat sering tersambar petir  tetapi tidak pernah ada  pesawat yang  jatuh karena petir  sejak 1963. Pesawat saat ini telah dilengkapi dengan rekayasa yang mampu menahan sambaran petir.

2.Kecelakaan Paling Mematikan Justru di Darat – Salah satu kecelakaan pesawat paling mematikan  justru tidak terjadi di udara tetapi di darat. Pada tahun 1977, dua pesawat dengan membawa lebih dari 600 penumpang bertabrakan di landasan pacu yang dikenal sebagai keelakaan  Tenerife. Lebih dari 500 orang meninggal.

3.Pintu Kamar Mandi– Pintu kamar mandi pesawat  tidak benar-benar terkunci ketika Anda berada di dalam. Pintu toilet  dapat dikunci dan dibuka dari luar dengan banyak alasan. Hal ini memungkinkan pramugari memiliki akses cepat kamar mandi yang  terkunci dalam kasus darurat. Dalam kasus lain, memungkinkan awak kabin untuk membatasi akses ke kamar mandi saat lepas landas dan mendarat.

4.Kamar Tidur– Beberapa pesawat memiliki kamar tidur yang hanya kru memiliki akses ke sana. Ada penerbangan yang  memakan waktu sekitar 15-16 jam dan untuk menghindari kelelahan awak  bisa mendapatkan sedikit istirahat di kamar tidur rahasia. Kamar tidur berisi sekitar 5-10 tempat tidur yang mereka dapat mengakses dari tangga tersembunyi.

5.Makanan Pilot dan Copilot-Kebanyakan pilot dan copilot di maskapai besar tidak diperbolehkan untuk makan makanan yang sama guna menghindari kemungkinan keracunan makanan.

6.Nafsu Makan– Penumpang biasanya tidak memiliki nafsu makan di pesawat. Itu bukan karena makanan yang disediakan maskapai tidak enak tetapi  lingkungan di pesawat terbang memang mengubah selera pada  makanan atau minuman.

7.Phobia– Sekitar 1 dari 5 orang memiliki  ketakutan terbang atau “aviophobia.”

8.Risiko Tewas– Risiko  tewas dalam kecelakaan pesawat untuk Amerika rata-rata adalah 1 bebanding 11 juta. Risiko yang tewas dalam kecelakaan mobil adalah 1: 5.000.

9.Risiko Kecelakaan– Penelitian menunjukkan 80%  kecelakaan pesawat terjadi pada  3 menit pertama setelah lepas landas dan 8 menit terakhir sebelum mendarat adalah.

10.Penerbangan Pertama-

Wright bersaudara menemukan dan menerbangkan  pesawat pertama pada tahun 1903. Pesawat mereka, Wright Flyer, terbang pada ketinggian 120 kaki. Hari ini Boeing 787 bisa terbang 10.000 mil.