Kalstar Siapkan ATR 72 untuk Rute Bulungan-Balikpapan

    ilustrasi/ Photojet.net

    Maskapai penerbangan Kalimantan Star (Kalstar) berencana menambah pesawat jenis ATR 72 untuk melayani rute Bandara Tanjung Harapan Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara menuju Bandara Sepinggan Balikpapan, Kaltim dan sebaliknya.

    Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Kaltara, Udin Hianggio  Rabu 11 Januari 2017 pasca pertemuan dengan managamen maskapai Kalstar Wilayah Kalumantan, Senin.

    Rencana maskapai Kalstar menambah armada dengan kapasitas penumpang yang lebih besar merupakan lompatan yang cukup brillian yang dilakukan setelah mengamati perkembangan jumlah penumpang saat ini yang sangat menjanjikan.

    Ia mengharapkan penambahan armada tersebut dapat memperkuat konektivitas penerbangan di Kaltara secara terbuka sehingga memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi udara.

    Udin Hianggio mengatakan, penerbangan Bulungan menuju Samarinda, Kaltim telah berjalan tiga bulan maka jumlah penumpang juga mengalami peningkatan yang tentunya berdampak pada perekonomian masyarakat setempat.

    Wakil Gubernur Kaltara menyebutkan, landasan pacu (runway) Bandara Tanjung Harapan Kabupaten Bulungan sepanjang 1.400 meter rencananya akan ditambah 200 meter lagi hingga mencapai 1.600 meter pada anggaran 2017.

    Penambahan landasan pacu ini tentunya memudahkan pesawat jenis ATR 72 atau boeing untuk mendarat dengan tujuan jumlah penumpang mengalami peningkatan pula.

    Pada intinya, kata Udin Hianggio, Pemprov Kaltara sangat merespon rencana maskapai Kalstar untuk menambah armada karena berdampak pada kemajuan perekonomian dan pembangunan sektor lainnya.