Pengusaha Norwegia Temukan Teknologi Pencuci Pesawat Yang Menghemat Jutaan Dolar

Seorang pengusaha Norwegia, Svein Gunnar Mæland menciptakan sistem otomatis untuk mencuci pesawat, mirip dengan yang sedang digunakan untuk mobil. Teknologi cuci pesawat baru ini selain ramah lingkungan juga akan  menghemat anggaran maskapai jutaan dolar Amerika.

Meskipun proyek, yang diharapkan menggunakan fitur teknologi canggih untuk cuci pesawat dan deicing, saat ini baru ada  model miniatur yang ditempatkan di dalam ruang keberangkatan di bandara kota Norwegia Skien. Uni Eropa telah menunjukkan ketertarikan  dalam proyek ini dan memberikan kontribusi sekitar US$2,8 juta.

“Sekarang kami akan fokus pada perluasan model ini,” kata Svein Gunnar Mæland sebagaimana dilaporkan televisi NRK Rabu 21 Desember 2016.

Mæland yakin tentang proyek  yang diproyeksikan akan menghemat biaya cukup besar dalam indusri penebangan.

“Efeknya luar biasa. Sebuah maskapai penerbangan dengan 100 pesawat akan menghemat hingga US$9 juta –US$11,5 juta per tahun pada pengurangan biaya bahan bakar  saja,” kata Mæland.

Selain itu, teknologi baru ini lebih ramah lingkungan dan memungkinkan untuk penurunan drastis konsumsi glikol ketika menghapus es dari pesawat.

Menurut dia, proyek dimulai setelah menunda penerbangan panjang selama Natal tahun 2009, ketika kakak tertua Mæland  terjebak di bandara utama Schiphol Amsterdam, karena  salju selama dua hari. Penundaan panjang secara alami menjadi topik pembicaraan bagi keluarga untuk sisa musim Natal.

Kebetulan  adik bungsu dalam keluarga ini,  menjalankan bisnis cuci mobil, yang menyarankan gagasan menerapkan prinsip-prinsip bisnisnya ke pesawat.

Menurut pengakuannya sendiri, Svein Gunnar Mæland dibesarkan di keluarga yang akrab dengan pencucian mobil. Terinspirasi oleh visinya, Mæland melanjutkan dengan membuat gambar, sketsa dan rencana.

Pada tahun 2010, ia bekerja sama dengan anak perusahaan dari raksasa Kongsberg Norwegia dan akhirnya menarik lebih banyak investor dan mitra.

Pada musim panas 2015, ia menciptakan model skala lengkap yang menunjukkan prinsip mesin pencuci pesawat. Dukungan Uni Eropa besar, yang datang seperti hadiah Natal untuk Mæland, telah memungkinkan proyek yang akan diselesaikan di Telemark County, Norway.