Kalahkan C-27J Spartan, Kanada Pilih C-295  

C-295 / Wikipedia

Kanada dikabarkan telah  memilih Airbus  untuk menyediakan pesawat untuk misi pencarian dan penyelamatan. Sebuah sumber yang dekat dengan masalah ini mengatakan pada hari Rabu 7 Desember 2016,  Airbus mengalahkan Leonardo Italia  dalam kompetisi tersebut.

Sebuah keputusan resmi mengenai hal ini diharapkan pada hari Kamis 8 Desember 2016 waktu setempat. Airbus dan Leonardo  menolak untuk mengomentari kabar ini.

Airbus   C-295 dan Leonardo C-27J Spartan telah muncul sebagai calon kuat untuk kontrak Kanada, yang diperkirakan  bernilai sekitar US$2,3 miliar.

 C-27J Spartan
C-27J Spartan /Wikipedia

Embraer  KC-390 juga merupakan bagian dari kompetisi, namun pesawat ini diyakini tidak akan dipilih kaerna   masih dalam pengembangan dan pemerintah Kanada menginginkan pesawat yang sudah disertifikasi.

Sekretaris pers untuk Menteri Pertahanan Kanada Harjit Sajjan sebagaimana dilaporkan Reuters menolak berkomentar tentang hasil kompetisi, menyusul laporan pada hari Selasa di Ottawa Citizen yang mengatakan Airbus adalah pemenang.

Pemerintah Kanada mengatakan pengadaan pesawat SAR akan memungkinkan Angkatan Udara Kanada  untuk  saat armada lama yang terdiri dari  enam pesawat Buffalo CC-115 dan 13 pesawat CC-130H Hercules.