Akomodasi Jamaah Umrah, Sriwijaya Air Terbangi Pekanbaru-Colombo

    Maskapai Sriwijaya Air menerbangi rute Pekanbaru-Colombo, Sri Lanka pulang pergi  dalam bentuk charter flight atau penerbangan sewa guna mengakomodasi jemaah umrah.

    “Mulai besok [Kamis 1 Desember 2016]  kita melayani Pekanbaru-Colombo dua kali dalam sepekan. Tepatnya setiap Kamis dan Minggu,” ucap Penanggung jawab District Manager Sriwijaya Air Pekanbaru, Brema P Limbeng, di Pekanbaru, Rabu 30 November 2016.

    Dia mengatakan, pembukaan rute baru tersebut dalam rangka merealisasikan kerjasama dengan PT Grand Shavire Holidays (Saafer Group) karena telah menjalin kesepakan 30 travel umrah di Riau.

    Brema berujar, pihaknya bakal mengoperasikan satu unit armada pesawat tipe Boeing 737-800NG berkapasitas 185 kursi penumpang berasal dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang.

    Pihaknya klaim, telah mendapat izin seperti slot time atau waktu lepas landas dan tiba baik di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II atau Bandara Internasional Bandaranaike, Colombo di Sri Lanka.

    “Untuk masalah perizinan, tidak begitu sulit. Karena Sriwijaya Air sudah terbang ke Colombo dalam beberapa tahun terakhir, khusus untuk carter flight jamaah umrah,” katanya.

    Muhammad Azmi, CEO Saveer Group di tempat yang sama menyebutkan, Bandara Internasional Bandaranaike, Colombo merupakan bandara transit sebelum menuju bandara di Jeddah, Arab Saudi.

    Rute inu diterbangi selama 3,5 jam melalui udara, dan lebih efisien untuk penghematan waktu dan pelayanan jamaah umrah berasal di Riau, Sumbar, Sumut, Jambi dan Kepri.

    “Jamaah tidak perlu transit terlalu lama di Colombo karena terdapat dua operator menanti. Jika melalui rute transit lain seperti Kuala Lumpur dan Singapura, memakan waktu lama untuk transit,” ucapnya.

    Ia beberkan, jamaah umrah akan diberikan pelayanan penuh selama berada di pesawat. Setelah tiba di Colombo, para jamaah langsung dipindahkan ke pesawat Saudi Arabian Airlines atau Sri Lanka Airlines menuju Jeddah.

    Diperkirakan dalam sebulan, sedikitnya 1.440 orang jamaah umrah akan terbangi tujuan Jeddah karena pihaknya telah menjalin kerjasama dengan puluhan perusahaan travel umrah di Riau “Peminat umrah di Riau cukup tinggi, dibanding daerah lain. Rute ini, juga bisa dimanfaatkan bagi travel umrah di provinsi terdekat,” terang Azmi sebagaimana dilaporkan Antara.