Setelah 50 Tahun, Pesawat Maskapai Amerika Mendarat di Havana

USA Today

Maskapai penerbangan AS   dijadwalkan secara rutin akana terbang ke Havana untuk pertama kalinya sejak lebih dari 50 tahun.

Penerbangan ke kota-kota kecil di Kuba telah kembali awal tahun ini, tetapi layanan ke ibukota Kuba adalah yang terakhir dimulai  di bawah pakta penerbangan baru disetujui oleh pemerintahan Obama.

American adalah pertama yang mendarat di Havana, dengan penerbangan dari Miami dan tiba  Senin 28 November 2016 pagi. Sebuah pesawat JetBlue tiba kedua, mendarat di Havana dari New York JFK sesaat setelah penerbangan pertama America Airlines.

havana-2
USA Today

Enam Maskapai penerbangan Amerika yang lain Alaska Airlines, Delta, Frontier, Spirit, Southwest dan United akan meluncurkan rute mereka sendiri ke Havana awal Januari nanti.

“Itu sangat emosional bagi saya,” kata Jonathan Gonzalez, 31, warga Kuba-Amerika yang lahir di Miami, mengatakan kepada The Associated Press setelah tiba ke Havana pada penerbangan perdana.

USA Today
USA Today

Ironisnya, kembalinya penerbangan AS ke ibukota Kuba datang hanya beberapa hari setelah kematian pemimpin Kuba Fidel Castro.

“Saya tertarik untuk melihat bagaimana kota ini setelah kematian Fidel Castro,” kata Tamara Cara, 45, seorang profesional pendidikan dari Puerto Rico yang juga berada di penerbangan perdana ke Havana.

Facebook Comments