MiG-29 Fulcrum Ditinggal Pergi Bapaknya

Jet tempur legendaries MiG-29 Fulcrum ditinggal bapaknya setelah Vano Mikoyan, salah satu desainer  dari jet tempur MiG   meninggal dunia pada usia 89.

Mikoyan yang paling terkenal untuk rekayasa jet tempur MiG-29, sebuah pesawat perang yang mulai beroperasi pada tahun 1980 dan dibangun untuk melawan F-16 Amerika.

Vano Mikoyan
Vano Mikoyan

Dikenal sebagai Fulcrum di Barat, MiG-29 masih digunakan oleh angkatan udara Rusia dan telah diekspor ke beberapa negara lain.

Media Rusia mengatakan Mikoyan meninggal Jumat 25 November 2016 di Moskow.  Laki-laki ini  lahir pada tahun 1927 . Ayahnya adalah Anastas Mikoyan, kawan pemimpin Bolshevik awal yang kemudian menjabat sebagai negarawan Soviet dan sekutu utama pemimpin Partai Komunis Nikita Khrushchev.

Mikoyan memulai kariernya pada tahun 1953 di perusahaan milik negara MiG,  dan menjadi wakil  pamannya Artyom di Biro Desain  Mikoyan dan Gurevich (MiG). Dia kemudian menjadi kepala desainer jet.

Menurut  MiG Corporation Uni Soviet dan Rusia telah menghasilkan lebih dari 1.600 keluarga pesawat MiG-29

MiG-29 belum lama ini mengalami kecelakaan ketikas salah satu pesawat yang menjadi bagian dari sayap tempur kapal induk Admiral Kuznetsov jatuh di laut Mediterania saat misi perang di Suriah.