Pesawat Misterius di Denver Ternyata Pesawat Kiamat

Sebelumnya dilaporkan sebuah pesawat berputar-putar secara misterius di atas Kota Denver Amerika Serikat. Pesawat putih dengan empat mesin itu berputar-putar beberapa kali di aas  Colorado sebelum menuju ke Oklahoma mengundang sejumlah pertanyaan warga.

Ternyata pesawat yang  bisa dilacak secara online di Flightradar24 dengan  menggunakan callsign Iron 99 adalah pesawat E-6B Mercury yang juga dikenal sebagai Doomsday Plane atau pesawat kiamat.

The Aviationist melaporkan Jumat 18 November 2016, penggunaan callsign  “Iron 99”  cukup standar: Iron  adalah salah satu callsigns radio dari VQ-3 “Ironmen”, sebuah skuadron penerbangan  Angkatan Laut Amerika Serikat yang berbasis di Tinker Air Force Base, Oklahoma.

Dibangun dengan menggunakan badan pesawat Boeing 707 dan menggunakan kokpit B737, pesawat E-6B memiliki jangkauan 5.500 mil, dan mengakomodasi 23 anggota awak.

Angkatan Laut AS memiliki total enam belas armada E-6B Mercury (TACAMO – “TAke Charge And Move Out”)  yang memainkan peran sangat penting untuk Keamanan Nasional AS:

Mereka digunakan untuk relay instruksi untuk armada balistik kapal selam rudal dalam kasus perang nuklir tetapi juga bertindak sebagai back up  empat E-4BS NAOC (National Alternatif Operations Center), yang bekerja sebagai platform ABNCP (Airborne Command Post) yang menjadi  Doomsday Plane utama Amerika.

doomsday

Mereka sering dapat dilacak secara online, ketika melakukan berbagai misi penting: yang disebut misi Looking Glass (mirroring pusat C3 berbasis darat di Offutt AFB dan menyampaikan perintah); berbicara dengan kapal selam mengikuti sebuah 26.000 ft kawat antena; meluncurkan perintah untuk ICBM (InterContinental Rudal Balistik) melalui Airborne Launch Control System, dan melakukan operasi C3 (Command Control Communication)  untuk pasukan yang beroperasi di medan perang  atau ke pembom strategis AS yang terbang dalam misi Global Strike.

Mercury mampu untuk berkomunikasi di hampir setiap pita frekuensi radio, dengan satelit komersial dan di Internet, juga menggunakan sistem VOIP juga ang aman. Pesawat ini biasanya beroperasi terbang dalam bentuk  lingkaran.